Masalah Generasi Sandwich

Investment / 30 September 2009

Kalangan Sendiri

Masalah Generasi Sandwich

Puji Astuti Official Writer
4055

Apakah Anda generasi Sandwich (roti isi -red)? Mungkin Anda bertanya apa itu? Jika Anda berumur 35 hingga 55 maka Anda masuk generasi ini. Anda berada di tengah-tengah, diantara generasi tua dan generasi muda dimana Anda dihimpit dari dua arah untuk menghadapi orangtua dan juga mengurus anak-anak.

Pada generasi dulu, mungkin seorang anak cepat dewasa dan lebih cepat meninggalkan rumah. Namun saat ini, banyak orang yang harus bergumul untuk mengisi rekening pengsiunnya namun juga masih harus menopang anak-anak mereka ataupun orangtua mereka.

Jika anda salah satu orang yang mengalami ini, beberapa tips berikut mungkin akan membantu Anda untuk mengatur waktu, uang dan tuntutan yang ditujukan pada Anda.

1. Ketahuilah, terus menerus menopang anak Anda adalah sesuatu yang salah. Cepat atau lambat, Anda harus melepaskan anak Anda untuk belajar hidup mandiri dan berjuang sesulit apapun kehidupan ini. Hal ini perlu Anda lakukan demi kebaikannya. Sadarilah bahwa Anda tidak bisa selalu ada disisinya. Jika anak Anda sudah 20-an tahun, itu sudah waktunya bagi dia untuk menghasilkan uang dan hidup dari penghasilannya sendiri.

2. Anda harus mengkomunikasikan hal ini sejak awal kepada anak-anak Anda. Ajak mereka berdiskusi tentang uang dan bagaimana mengelolanya. Seseorang bisa memiliki keuangan yang sehat dimulai dari rumahnya. Ini adalah tanggung jawab Anda yang utama, mengajarkannya menangani uang bukan selalu memberi mereka uang.

3. Selain anak, biasanya yang perlu Anda support secara keuangan adalah orangtua. Jika Anda ingin melakukannya, bicarakanlah dengan pasangan Anda. Pastikan Anda sudah membuat kesepakatan, jika tidak hal tersebut bisa menjadi bomerang yang membahayakan pernikahan Anda.

4. Untuk menopang kehidupan orangtua Anda, akan lebih baik jika dilakukan bersama-sama dengan saudara-saudara Anda atau anak-anak orangtua Anda yang lain. Yang membuat orangtua Anda bukanlah pemberian Anda, namun bentuk perhatian Anda, hal ini sangat penting bagi mereka dan Anda juga ketika sudah tua nanti.

Dengan bijak memperlakukan baik anak Anda maupun orangtua Anda, maka Anda menolong banyak pihak, terutama Anda menolong diri Anda sendiri dari sebuah masalah besar di bidang keuangan. Selamat mencoba.

Sumber : Disadur dari : CBN.com
Halaman :
1

Ikuti Kami