Segera Atasi Insomnia Anda!

Solusi Sehat / 29 September 2009

Kalangan Sendiri

Segera Atasi Insomnia Anda!

Tammy Official Writer
4027
Jika kerap merasakan sulit jatuh tertidur di malam hari, bisa jadi Anda terkena insomnia. Jika Anda masih membiarkannya terus menerus, tanpa adanya penanganan yang baik, berhati-hatilah. Karena dapat menimbulkan stres, rasa cemas yang berlebihan, serta gangguan kesehatan.
 
Insomnia adalah suatu gangguan kelainan dalam tidur yakni berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidurnya, meskipun memiliki kesempatan untuk tidur. Hal itu biasanya dikarenakan oleh adanya suatu penyakit ataupun permasalahan psikologis.
 
Karena tidak di dukung dengan informasi yang cukup, tak sedikit penderita insomnia yang menjadi ketergantungan dengan obat tidur atau obat penenang, untuk mengatasi kegelisahannya karena belum juga merasa kantuk meskipun sebenarnya tubuh sudah merasa kelelahan.

Agar tak terus berlanjut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan insomnia yang kerap mengganggu Anda di malam hari. Seperti apa? Berikut ulasannya!

1. Aturlah pola tidur Anda
Jika Anda menganut sistem tidur sesuka hati, sebaiknya hentikan segera! Mulailah atur pola tidur Anda, dengan tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya. Mungkin pada awalnya terasa berat bagi Anda, namun jangan keburu mengeluh karena merasa terbebani. Ini hanyalah masalah merubah kebiasaan Anda. Jadi sebaiknya jangan terlalu diambil pusing, tetapi lakukanlah dengan rileks saja. Karena dengan memiliki jadwal tidur teratur, waktu tidur Anda akan lebih terkontrol lagi.

2. Kurangi minuman berkafein dan bersoda
Kebiasaan minum kopi untuk menghilangkan kantuk saat tengah beraktivitas, karena semalaman sulit tidur, sebaiknya mulai dikurangi. Terutama di jam-jam sore, karena kafein bisa menghambat tidur Anda di malam hari. Selain itu, kurangi juga minuman bersoda di sore hari, karena akan membuat Anda sering buang air kecil dan mengganggu waktu tidur Anda.

3. Batasi kegiatan di atas tempat tidur
Sebaiknya jangan jadikan tempat tidur Anda sebagai tempat favorit untuk membaca buku, mendengarkan radio, bertelepon ria dengan teman atau menonton televisi. Jadikan tempat tidur Anda hanya untuk tidur dan aktivitas bercinta dengan pasangan Anda.

Jika mencampur adukkan semua aktivitas di tempat tidur dengan hal-hal di atas, justru akan mengurangi fungsi dari tempat tidur itu sendiri dan akan menimbulkan kebosanan dengan suasana kamar yang dijadikan tempat beraktivitas bukan tempat untuk beristirahat.

\"Insomnia\"4. Tunggu rasa kantuk tiba
Jika sepulang beraktivitas Anda masih belum merasa kantuk, sebaiknya jangan paksakan diri untuk langsung tidur, karena justru akan membuat Anda stres dan merasa tersiksa dengan jadwal pola tidur yang baru. Mandi dengan air hangat akan membuat Anda merasa lebih segar sebelum beranjak ke peraduan. Selain itu segelas susu hangat juga dapat membuat Anda merasa rileks dan nyaman, karena susu mampu memperlambat metabolisme tubuh dan menimbulkan rasa ngantuk.

5. Dekor ulang kembali kamar tidur Anda
Menciptakan suasana baru yang lebih nyaman dan damai pada kamar tidur Anda tentunya akan membawa kesegaran baru. Jika semula warna dinding kamar Anda mencolok, tidak ada salahnya untuk memberikan sentuhan warna-warna yang lebih soft dan gelap, untuk mendapatkan sensasi yang lebih tenang dan nyaman. Selain itu semprotkan wewangian yang lembut atau meletakkan aroma terapi di atas meja samping tempat tidur untuk membuat Anda merasa lebih rileks.

6. Ubah posisi jam di ruang tidur Anda
Bagi penderita insomnia, detak jam dinding dan juga jam weker sering membuatnya merasa terganggu. Untuk itu, tempatkan jam dinding di kamar mandi atau tempat lain yang tidak langsung berdekatan dengan posisi tempat tidur Anda.

Begitu pun juga dengan jam weker. Dering suaranya akan memekakkan telinga, apalagi jika salah men-set waktunya dan berdering di tengah malam, pasti akan membuat Anda merasa pusing saat terbangun,. Sebaiknya gunakan telepon genggam Anda untuk digunakan sebagai alarm. Namun pastikan telepon genggam Anda dalam keadaan non aktif, untuk menghindari telepon atau sms yang masuk saat Anda tengah terlelap tidur.

7. Tidur siang sih boleh saja, tapi ...
Sah-sah saja jika Anda merasa kantuk di siang hari, karena barangkali Anda begadang semalaman karena sulit tidur. Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat kantor, untuk tidur. Meskipun hanya 30 menit yang terpenting adalah kualitas tidurnya.

Jika di akhir pekan Anda ingin tidur siang, usahakan tidak bangun melebih jam 4 sore, karena jika terbawa hingga malam dan anda terbangun saat itu, justru akan memperparah kondisi Anda, dimana Anda akan kesulitan lagi untuk kembali tidur dan terjaga hingga pagi menjelang. Dan semua aktivitas Anda akan terganggu untuk satu hari kedepan, karena rasa kantung yang aman sangat, karena terjaga semalaman.

8. Olahraga
Olahraga merupakan alternatif yang paling baik dilakukan setelah Anda beraktivitas. Karena dapat membuat otot-otot yang kaku dan tegang setelah seharian beraktivitas, menjadi lebih rileks. Dan efeknya tentu sangat baik untuk kualitas tidur Anda. Dimana Anda akan jauh merasa lebih rileks dan nyaman pada saat tidur dengan kondisi tubuh yang bugar dan tidak pegal-pegal.

Sumber : hanyawanita.com
Halaman :
1

Ikuti Kami