Sisa Kejayaan Kroni Marcos

Nasional / 28 September 2009

Kalangan Sendiri

Sisa Kejayaan Kroni Marcos

agnes.faith Official Writer
3147

Ferdinand Marcos, seorang diktaktor Filipina memerintah di Filipina sampai tahun 1986. Pada masa jayanya dulu, ia berhasil mengumpulkan banyak harta untuk kekayaan pribadinya. Bukan hanya dia yang dapat menikmati kekayaan itu, namun seluruh kroni-kroninya pun ikut ambil bagian.

Lucio Tan dan Eduardo Cojuangco, dimasukkan oleh majalah Forbes sebagai orang terkaya kedua dan ketujuh di Filipina. Benjamin Romualdez, saudara istri Marcos, Imelda Marcos, berada di urutan ke-30. dengan kekayaan masing-masing Tan memiliki kekayaan hingga 1,7 miliar dollar AS, sementara Cojuangco memiliki kekayaan hingga 660 juta dollar AS.

Namun kasus ini tidak mampu membawa Marcos dan kroninya mampu diringkus. Banyak pemerintah yang masuk dalam lingkaran suap yang dibuat oleh Marcos. Frank Chaves adalah salah satu jaksa muda yang menangani kasus ini.

Pengacara, hakim dan pemerintah dapat dibungkam oleh kroni-kroni Marcos ini. Kekuatan mereka sangat besar dan dapat mempegaruhi satu bangsa. Mereka selalu memiliki cara untuk tidak membuat mereka ditangkap atas kesalahan yang mereka buat. Padahal mereka membuat banyak kesalahan yang akhirnya dapat merugikan Negara.

Sumber : kompas.com/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami