5 Tips Sederhana Berinvestasi

Investment / 28 September 2009

Kalangan Sendiri

5 Tips Sederhana Berinvestasi

Tammy Official Writer
2404
Berinvestasi bisa menjadi sebuah kegiatan keuangan yang kompleks dan membutuhkan banyak perhatian, terutama jika Anda baru mengenal seluk-beluk dunia investasi. Apalagi jika Anda belum tahu harus kemana untuk mencari informasi dan bimbingan keuangan yang bisa Anda andalkan. Pertama Anda bisa mencari ahli investasi yang memiliki informasi dan latar belakang yang dibutuhkan untuk mencari tahu beragam pilihan-pilihan investasi, beserta juga resiko-resikonya.

Jika Anda membutuhkan rekomendasi perencanaan keuangan maka hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mencari seorang perencana keuangan professional untuk bekerja sama. Untuk memilih perencana keuangan terbaik bagi adalah secara signifikan mewawancarai beberapa perencana terlebih dahulu sebelum Anda menandatangani kontrak jasa dari mereka. Selama pertemuan tanyakan kepada sang perencana keuangan mengenai bagaimana mereka memilih investasi-investasi, bagaimana mereka menjalankan akun-akun keuangan secara bersamaan, pengetahuan seperti apa yang mereka miliki, edukasi apa yang mereka miliki, dan jika mereka memiliki sertifikasi atau pelatihan, maka tanyakan berapa bayarannya. Sebagai tambahan selagi mendapatkan pertanyaan-pertanyaan Anda dijawab, Anda harus menggunakan waktu ini untuk mengenal sang perencana dan memutuskan apakah mereka orang yang menurut Anda akan sangat nyaman untuk bekerja-sama.

Investasi pada dasarnya adalah menaruh uang Anda di arena yang sudah teriset dengan baik dimana Anda merasa tenang untuk menaruhnya dan bukannya berharap pada lain atau peringkat dari perekonomian Negara. Uang dihasilkan setiap harinya dan jika Anda menaruh simpanan-simpanan Anda dengan bijak, perhatikanlah bahwa ternyata Anda menjadi, master dari investasi-investasi Anda.

Ketika berinvestasi, ingatlah lima tips berikut dan hal-hal akan berjalan lebih mudah bagi Anda:

1. Waktu - Berapa banyak waktu yang bisa Anda berikan untuk investasi Anda, ini adalah dimana Anda tidak menginginkan menjadi terpinggirkan dan kehilangan jejak dari gol-gol investasi Anda.

2. Resiko - Investasikan waktu Anda dimana Anda mengerti resiko-resiko yang terkalkulasi dengan tepat dan tidak akan menjadi terkejut jika itu malah mundur jika terjadi kehilangan uang.

3. Kerja Tim - Pertimbangkan membentuk sebuah tim investor - keluarga, teman-teman, atau sesama rekan kerja, contohnya - siapa yang serius mengenai mengambil alih dari masa depan keuangan mereka.

Simple Investing4. Rencana-rencana Realistis - Taruh semua rencana-rencana keuangan Anda dengan menulis dan menjaganya dengan lengan yang bisa dijangkau setiap saat. Adalah sangat bijaksana untuk membuat catatan-catatan tepat sebagaimana Anda memiliki pikiran-pikiran dari rutinitas setiap harinya Anda, dan lalu membuat keputusan-keputusan yang Anda butuhkan untuk penyesuaian. Ingatlah bahwa hal-hal bisa berjalan dengan salah, dan jangan menjadi terjebak dengan pikiran-pikiran "Saya harus menyelesaikan ini." Ini akan membuat Anda susah dan Anda bisa kehilangan fokus dengan begitu mudahnya.

5. Catat Jejak-jejak Investasi Anda - Perhatikan jejak-jejak dari pertumbuhan investasi-investasi Anda dan putuskan jika Anda harus mendorong investasi Anda dari uang, waktu, atau keduanya agar melihat return positif pada investasi Anda. Ini tidaklah selalu mudah untuk diputuskan, tetapi jika Anda adalah pengendali dari investasi keuangan Anda, maka jangan biarkan diri Anda terjatuh.

Sumber : associatedcontent.com
Halaman :
1

Ikuti Kami