Jangan Makan Terasi Mentah

Info Sehat / 27 September 2009

Kalangan Sendiri

Jangan Makan Terasi Mentah

agnes.faith Official Writer
8407

Terasi adalah makanan yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Terasi banyak ditemui di sambal. Dengan bau dan rasa yang khas, terasi mempu membius orang untuk memakannya dengan lahap. Ada beberapa daerah yang tidak bisa membuat sambal tanpa terasi.

Terasi ada dua tiga jenis. Terasi udang, ikan dan campuran. Terasi tidak boleh dikonsumsi mentah. Harus dimasak terlebih dahulu supaya mikroba yang ada dalam terasi terbunuh. Mikriba ini bisa menimbulkan penyakit. Hal ini dipaparkan oleh ahli teknologi pangan dari IPB Prof.Dr.Made Astawana.

Terasi yang dijual di pasaran tidak semuanya baik walaupun sudah dimasak. Banyak penjual yang tega memberikan pewarna tekstil supaya warna dari terasi terlihat menarik.

Berhati-hatilah dalam memlikih terasi. Warna asli terasi adalah seperti tanah, yaitu coklat kehitaman. Tetapi ada juga yang berwarna merah karena pigmen dari udang atau pewarna alami.

Selain untuk membunuh mikroba didalam terasi mentah, proses pemasakan terasi seperti dibakar, dikukus atau digoreng dapat meningkatkan aroma dari terasi sehingga lebih enak untuk dikonsumsi.

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami