Veteran Perang Penuhi Penjara Inggris

Nasional / 26 September 2009

Kalangan Sendiri

Veteran Perang Penuhi Penjara Inggris

Lestari99 Official Writer
2843

Menjadi veteran setelah pulang dari medan perang yang penuh konflik ternyata banyak menimbulkan stress yang mendalam terhadap para veteran tentara Inggris ini. Kondisi perang di daerah konflik seperti Bosnia, Irak, Afghanistan dan Irlandia Utara sepertinya meninggalkan beban mental yang berat bagi ribuan veteran ini. Mereka yang tak sanggup menanggung beban mental akhirnya jatuh ke dalam narkoba, memiliki persoalan alkohol kronis dan menderita gangguan stres traumatik.

Namun studi terbaru yang diadakan di Inggris ini menunujukkan hasil yang lebih mengejutkan lagi. Hampir 10 persen penghuni penjara di Inggris adalah veteran perang. Saat ini sekitar 8.500 veteran menjadi penghuni penjara dan 20.000 lainnya menjalani masa percobaan atau masa pembebasan bersyarat.

Sepertinya pemerintah Inggris harus memberikan perhatian yang lebih bagi para veteran perang mereka. Pembinaan dan pemulihan mental setelah menjalani perang di daerah konflik sepertinya diperlukan, tidak cukup hanya dengan upacara penyambutan pulang dan pemberian penghargaan bagi beberapa dari mereka yang dianggap berprestasi.

Sumber : kompas / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami