Memilih Diantara Dua Jalan

Career / 26 September 2009

Kalangan Sendiri

Memilih Diantara Dua Jalan

Puji Astuti Official Writer
5355

Dalam kehidupan ini jalan tidaklah selalu mulus, termasuk dalam karis Anda. Seorang pujangga bernama Robert Frost pernah menulis, "Ada dua jalan persimpangan di hutan, dan aku - aku memilih jalan yang lebih jarang dilewati orang, dan itulah yang membuat perbedaan." Jika saat-saat sulit harus Anda lalui, lewatilah dengan cara yang berbeda. Jika Anda bisa memilih, pilihlah jalan yang jarang dilalui orang itu.

Apakah masa-masa sulit itu? Itu bisa jadi sebuah pilihan untuk bekerja dengan benar atau bekerja dengan mudah. Mungkin masa-masa sulit itu adalah ujian kunci yang akan menentukan apakah Anda naik ketingkat berikutnya atau harus terlempar keluar. Masa-masa sulit itu ada dua jenis, yang besar dan yang kecil.

Masa sulit yang kecil meliputi bangut pagi dan datang ke kantor tepat waktu. Seperti mengendalikan emosi Anda ketika terjadi gesekan dengan rekan kerja Anda. Atau saat-saat Anda belajar bersyukur ketika hari Anda tidak berjalan seperti yang Anda harapkan. Hal-hal kecil itu adalah sebuah sukses-sukses kecil yang akan membawa Anda cepat atau lambat pada sebuah kebesaran.

Sebaliknya, masa-masa sulit yang besar terjadi dalam hidup ini seperti ketika Anda harus memutuskan berkata tidak pada tekanan sesama untuk melakukan kecurangan, bangkit kembali setelah mengalami kebankrutan, atau masalah pribadi yang memukul Anda dan sempat mempengaruhi kinerja Anda. Saat-saat seperti itu mempertaruhkan sebuah resiko yang besar, namun jika Anda merespon situasi tersebut dengan benar, maka Anda akan menjadi seorang pemenang dan mendapatkan imbalan yang sebanding.

Bersikaplah berani saat masa-masa sulit tiba. Jika ada godaan untuk memilih jalan yang mudah, sesuatu yang umum dilakukan oleh banyak orang, namun itu bertolak belakang dengan kebenaran, beranilah untuk memilih jalan yang sulit namun sesuai dengan kebenaran. Hadapilah setiap kesulitan seperti seorang pahlawan yang siap untuk menerima kemenangan.

Sikap tegas Anda adalah kunci untuk masa depan Anda. Jangan tukarkan kenikmatan sehari dengan mengorbankan seluruh masa depan Anda.

Sumber : Adaptasi dari: 7 Habit of Highly Effective Teens; Sean Covey; Binarupa Aksara
Halaman :
1

Ikuti Kami