Tirai Kamar Mandi Dapat Membahayakan Anda

Tirai Kamar Mandi Dapat Membahayakan Anda

Lestari99 Official Writer
5857

Apakah kamar mandi Anda menggunakan tirai untuk pembatas bathtub? Jika Anda menjawab ya, maka sebaiknya Anda berhati-hati karena tirai kamar mandi tersebut dapat saja membahayakan Anda dan keluarga.

Pasalnya sebuah penelitian dari lembaga non profit Center for Health, Environment and Justice, Amerika Serikat menemukan sebagian besar tirai kamar mandi yang banyak dijual di pasaran dibuat dari polyvinylchloride, sebuah bahan yang mengandung substansi yang berbahaya bagi kesehatan.

Substansi berbahaya tersebut terdiri dari phthalate, organotin, dan volatile organic compounds (VOC). Jenis VOC yang ada pun bukan hanya satu tetapi mencapai 100 jenis. Saat diadakan pemeriksaan kandungan udara pada beberapa tempat yang menggunakan tirai kamar mandi, hasilnya level substansi tersebut sangat tinggi setelah digunakan 28 hari. Fakta tersebut didapatkan dengan tidak mengubah temperatur dan kelembaban ruangan. Jika suhu ruangan meningkat maka kemungkinan besar level substansi kimia berbahaya akan semakin bertambah di udara.

Penyakit yang dapat ditimbulkan oleh substansi berbahaya itu sungguh tidak tanggung-tanggung. Phthalate berefek buruk pada sistem reproduksi pria, antara lain menurunkan kualitas sperma. VOC sendiri mengiritasi udara yang dihirup dan bisa menimbulkan penyakit pada sistem pernafasan. Selain itu, VOC juga bisa merusak sistem saraf dan memicu terjadinya masalah pada hati dan ginjal.

Jika sudah demikian, sebaiknya Anda berhati-hati bila hendak membeli tirai kamar mandi. Perhatikan bahan pembuatnya yang biasanya tercantum dalam label. Jika Anda ragu akan bahan dari tirai kamar mandi yang Anda pilih dan Anda lebih mementingkan kesehatan keluarga, sebaiknya Anda menggunakan pintu kaca sebagai pengganti tirai. Hal itu jauh lebih aman bagi Anda dan keluarga.

Sumber : vivanews
Halaman :
1

Ikuti Kami