Minyak Esensial Dapat Atasi Flu Anda

Solusi Sehat / 25 September 2009

Kalangan Sendiri

Minyak Esensial Dapat Atasi Flu Anda

Tammy Official Writer
4193
\"MinyakSakit flu seringkali datang dan pergi dalam hari-hari kita. Biasanya kita bisa terkena flu entah karena cuaca yang buruk atau sedang menghadapi tekanan yang mengakibatkan lemahnya antibody kita sehingga membuka peluang virus untuk masuk dan menyebabkan kita terkena flu.

Flu terkadang juga ringan, terkadang juga kita bisa terkena flu berat. Nah, sejak dulu kala sebetulnya orang telah menggunakan beragam cara untuk mengatasi flu, termasuk menggunakan wewangian. Cara-cara ini kerap hanya dianggap sebagai tindakan tidak beralasan karena tidak banyak juga penelitian ilmiah yang mengungkapnya.

Namun, tidak ada salah kiranya kalau kita mencoba beberapa metode untuk mengatasi flu. Pilihlah sesuai selera dan situasi Anda.

1. Cara steaminhalasi. Gunakan air panas yang tidak dalam keadaan mendidih sebanyak 2 gelas. Tuang dalam baskom lalu tambahkan 2-3 tetes minyak esensial. Setelah itu uapnya dihirup. Lakukan 10-15 menit.
2. Untuk mandi dan berendam. Isi bak hingga setinggi 20 centimeter dengan air hangat bersuhu 38 - 41 derajat Celcius. Tambahkan minyak esensial sekitar 4-6 tetes, aduk rata. Berendamlah selama 15 menit.
3. Dihirup langsung. Minyak esensial bisa dihirup langsung setelah diteteskan pada tisu, atau bisa juga diteteskan pada bantal sebanyak 1-2 tetes. Cara ini sangat bagus untuk mengatasi hidung tersumbat.
4. Dilakukan pijatan. Caranya, pijat tubuh dengan larutan minyak pembawa (carrier oil) dengan dosis satu sendok makan dicampur 3-4 tetes minyak esensial. Teknik ini untuk melancarkan sirkulasi darah serta mengurangi sakit otot.

\"MinyakPilihlah minyak esensial yang terbuat dari tea tree, ekaliptus, peppermint, lavender, rosemary, thyme sebagai persediaan. Anda dapat membelinya di toko obat atau gerai khusus penjual bahan-bahan terapi aroma. Sesuaikanlah dengan dosis yang dianjurkan. Supaya efektif, pilihlah minyak esensial yang sesuai dengan karakter Anda. Dengan begitu efek yang dihasilkan lebih optimal. Dan ingat, jangan menggunakan dosis melebihi yang dianjurkan, karena tidak akan mempercepat penyembuhan malahan bisa berakibat sebaliknya.

Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami