Ikan Pari Raksasa Gegerkan Tanjung Bira

Ikan Pari Raksasa Gegerkan Tanjung Bira

Puji Astuti Official Writer
3374

Laut Indonesia memang kaya dengan berbagai jenis ikan dan sumber daya lain yang terkandung di dalamnya. Hal ini dibuktikan oleh para pengunjung pantai Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan yang menyaksikan tertangkapnya seekor ikan pari raksasa jenis Manta Ray (Manta birostris) pada Rabu (24/9).

Ikan pari ini secara tidak sengaja terperangkap jaring milik seorang nelayan bernama Mohammad (41) ketika menangkap ikan di kawasan wisata pantai Bira tersebut. Ikan yang memiliki dua sirip kepala berbentuk tanduk dan memiliki panjang mencapai 6 meter tersebut sempat membuat Mohammad kesulitan untuk menariknya. Mohammad bahkan dibantu oleh beberapa pengunjung pantai yang sedang liburan untuk menarik ikan pari yang beratnya mencapai ratusan kilogram tersebut.

Para wisatawan lokal maupun manca negara yang saat itu ramai berada di pantai yang terkenal karena pasir putihnya itu segera saja bergantian mengabadikan ikan pari raksasa tersebut.

Awalnya para nelayan berencana untuk mengembalikan ikan pari tersebut kelaut, namun karena ikan raksasa itu telah penuh luka dan melemah maka mereka memotongnya menjadi beberapa bagian dan menjual daging ikan pari tersebut.

Menurut pengakuan para nelayan, mereka sudah jarang melihat ikan pari yang berukuran raksasa seperti itu. Namun bukti munculnya ikan pari tersebut, tidak bisa di pungkiri bahwa laut Indonesia masih menyediakan berbagai jenis ikan yang harusnya bisa memakmurkan para nelayan. Jangan sampai kekayaan yang menjadi hak bangsa ini di keruk oleh kapal-kapal asing. Semoga pemerintah Indonesia bisa memperlengkapi para nelayan untuk mengembangkan dan mengekplorasi kekayaan laut Indonesia lebih lagi.

Sumber : Antara News/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami