Pakaian Anak Anda: Terlalu Dewasa Atau..

Parenting / 23 September 2009

Kalangan Sendiri

Pakaian Anak Anda: Terlalu Dewasa Atau..

Puji Astuti Official Writer
2665
Jika anak perempuan Anda yang sedang menginjak masa remaja menyanyikan lagu Britney Spears atau memasang lagu Paris Hilton di mobil dengan keras saat di jemput pulang sekolah, mungkin Anda masih bisa mentolelir keadaan tersebut. Namun saat dia berdandan bak Paris Hilton ataupun pujaannya yang lain, bisakah Anda menerimanya?

Ya... fashion seringkali menjadi ajang perang antara orangtua dan anak. Apa yang menjadi perhatian utama Anda? Apakah terlalu muda bagi gadis kecil Anda untuk berdandan seperti itu, atau karena pakaiannya yang terlalu seronok sehingga membuat Anda risih?

Saat ini dunia fashion seakan menghapuskan jarak antara pakaian orang dewasa dan pakaian anak-anak. Anak-anak dibuat menjadi terlihat dewasa dengan berbagai fashion yang ditawarkan dan juga publik figur yang menjadi panutan mereka. Media dan iklan adalah salah satu sarana utama membuat pola pikir anak-anak Anda seperti itu.

Jika Anda ingin menghindari pertempuran yang tidak seharusnya dengan buah hati Anda, maka Anda perlu mengambil tindakan tentang hal ini.

Pertama, ajarkan anak Anda tentang mode. Mungkin pengetahuan Anda tentang hal ini terbatas, pelajarilah. Carilah banyak sumber, bacalah buku-buku dan hal-hal pendukung lainnya. Selain itu, Anda juga harus update mode fashion terbaru sehingga anak Anda tidak akan komplain karena selera Anda yang dianggapnya ketinggalan jaman.

Ajaklah anak Anda diskusi, apakah sebuah busana itu sopan, dan terlihat cantik atau lebih cenderung seronok.

Buatlah kesepakatan bersama tentang garis besar bagaimana cara berbusana yang harus ditaati oleh buah hati Anda. Anda tidak perlu mengatur seperti apa dia harus berpakaian, cukup dengan kode etik, rapi, santun namun terlihat cantik dan sesuai dengan kepribadiannya. Hal ini penting supaya dia merasa tidak di kekang dan agar dia bisa percaya diri dengan penampilannya.

Ajar anak Anda menghormati tubuhnya. Ingatkanlah dia bahwa tubuhnya adalah bait Allah dan sangat berharga karena telah ditebus oleh darah Yesus. Untuk itu, dia perlu menunjukkannya dengan berpakaian yang santun.

Fashion hanyalah salah satu tantangan budaya yang harus Anda hadapi ketika berhadapan dengan anak Anda. Namun, masih ada banyak hal lain yang harus Anda pelajari dan pikirkan bagaimana membuat kesepakatan dengan buah hati Anda. Ingatlah untuk tidak menjadi diktator dalam hal apapun, ajaklah diskusi dan bimbing buah hati Anda untuk membuat pilihan yang benar.
Sumber : CBN.com
Halaman :
1

Ikuti Kami