Loh..Ternyata Investasi Sama Seperti Berbelanja

Investment / 23 September 2009

Kalangan Sendiri

Loh..Ternyata Investasi Sama Seperti Berbelanja

Puji Astuti Official Writer
3201

Tahukah Anda, strategi untuk berinvestasi itu sama dengan cara berbelanja ke supermarket yang benar? Ya... berinvestasi tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Ini adalah konsep yang sederhana.

Dalam bukunya "Sound Mind Investing" yang di publikasikan sejak tahun 1990, Austin Pryor mengajarkan hal ini.

Untuk menemukan kedamaian pikiran dalam melakukan investasi Anda, Anda perlu mengembangkan strategi khusus. Anda perlu membuat perhitungan jangka panjang dan tujuan keuangan Anda secara tertulis. Sama seperti cara berbelanja yang benar ketika pergi ke supermarket, Anda perlu memeriksa barang apa yang perlu dibeli, untuk kebutuhan berapa lama, lalu menuliskannya sehingga Anda tidak membeli barang-barang yang tidak diperlukan atau sekedar keinginan Anda saja.

Hal kedua yang perlu Anda cermati, saat Anda berbelanja ke supermarket Anda pasti mencari barang apa yang sedang promo atau diskon. Hal yang sama juga berlaku di Investasi. Anda harus mencari informasi, apakah harga saham yang Anda ingin beli sedang turun atau sedang naik. Apakah harga emas sedang turun atau naik. Ingatlah prinsip investasi, beli saat sedang turun dan jual saat harga sedang tinggi.

Tujuan yang Anda tuliskan dan mempelajari pasar saat akan berinvestasi akan membantu Anda memperhitungkan resiko secara financial dan juga secara emosional. Jangan pernah membuat keputusan investasi berdasarkan perasaan Anda, karena hal itu bisa berakibat buruk bagi masa depan Anda. Pastikan Anda tahu faktanya.

Selain itu, rencana tertulis menjaga Anda untuk tidak keluar dari tujuan Anda semula. Kadang jika Anda tidak pernah menuliskan rencana investasi Anda, maka menunda akan menjadi sesuatu yang akan sering Anda sesali. Tanpa rencana tertulis, maka ide untuk investasi akan sekedar ide.

Jangan mudah tergoda dengan liburan akhir tahun, gadget model terbaru atau ajakan makan-makan dari rekan-rekan Anda jika Anda sudah menetapkan target untuk investasi. Tahan diri Anda dan laksanakan rencana Anda dengan bertanggung jawab, maka pada akhirnya semua keinginan Anda yang tertunda bisa terwujud tanpa hutang dan tanpa beban emosi.

Sumber : CBN.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami