Mudik Mempertunjukkan Keberhasilan

Nasional / 22 September 2009

Kalangan Sendiri

Mudik Mempertunjukkan Keberhasilan

agnes.faith Official Writer
2658

Sepanjang minggu ini akan menjadi hari-hari dimana umat muslim yang merayakan hari raya Idul Fitri. Para pemudik melakukan perjalanan panjang dari ibu kota ke kampung halaman. Ternyata menurut sosiolog, mudik ini adalah menjadi gaya hidup kelas menengah kota yang berasal dari pedesaan.

Mudik lebaran yang membludak ini menyebabkan aparat keamanan mengerahkan pasukannya lebih banyak. pemerintah dan swasta menyediakan angkutan umum hingga 34.358 bus, 119 kapal penyeberangan, 725 kapal angkutan, 276 pesawat, dan 227 rangkaian kereta api. Semua moda transportasi umum ini menyediakan total kapasitas 36,4 juta tempat duduk. Polri mengerahkan 120.776 personel.

Arti mudik sekarang telah bergeser. Bukan hanya untuk bersilaturahmi dengan keluarga tetapi menjadi ajang menunjukkan keberhasilannya dalam bekerja dan berpenghasilan.

Selain mudik, mereka yang ingin menunjukkan keberhasilan juga dapat melalui reuni dengan teman-teman lama yang sudah lama tidak bertemu. Hal ini dijadikan ajang untuk "memamerkan" keberhasilan dalam bekerja dan berkeluarga.

Sumber : inilah.com/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami