Youtube Untuk Indonesia Persembahan Kedubes AS

Nasional / 22 September 2009

Kalangan Sendiri

Youtube Untuk Indonesia Persembahan Kedubes AS

Lestari99 Official Writer
3229

Dalam rangka melancarkan misi diplomasi publik di Indonesia, kedutaan besar Amerika Serikat meluncurkan saluran YouTube yang berisi berbagai macam topik tentang Amerika dengan menampilkan lebih dari 100 video pendek. Video-video ini dapat diakses melalui www.youtube.com/pasjakartaindonesia dan ditampilkan dalam bahasa Indonesia atau pun diberi terjemahan bahasa Indonesia. Sebagian besar video yang terdapat di YouTube ini diproduksi bersama oleh stasiun-stasiun televisi nasional Indonesia.

Peluncuran saluran YouTube ini adalah hal paling mutakhir dari rangkaian langkah-langkah inovatif yang diambil oleh Kedubes AS untuk memanfaatkan kecanggihan tekhnologi. Sebelumnya di tahun 2008, Kedubes AS ikut mensponsori konferensi blogging nasional Pesta Blogger kedua yang melibatkan lebih dari 1.000 peserta. Tahun ini Kedubes AS kembali menjadi sponsor utama acara pesta Blogger 2009 yang rencananya akan diadakan pada 24 Oktober 2009 mendatang di Jakarta.

Pada Januari lalu, Kedubes AS menjadi misi diplomatik pertama di Indonesia yang memiliki halaman penggemar (fan page) Facebook, www.facebook.com/jakarta.usembassy yang kini jumlahnya telah mencapai lebih dari 8.500 penggemar. Kedubes AS sendiri menggunakan YouTube pertama kali di tahun 2008 untuk mengirimkan video ucapan Selamat Idul Fitri dan kemudian pada tahun yang sama memasang video berupa instruksi untuk mengikuti "Diversity Visa Loteery" yang telah diakses ribuan kali.

Semoga saja dengan langkah-langkah inovatif yang dilakukan Kedubes AS dapat mempererat jalinan diplomasi antara Indonesia dan Amerika serta mengurangi sentimen publik di Indonesia yang menganggap Amerika sebagai antek zionis yang harus diperangi.

Sumber : mediaindonesia / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami