Hidup Dengan Gagal Jantung

Solusi Sehat / 20 September 2009

Kalangan Sendiri

Hidup Dengan Gagal Jantung

Lestari99 Official Writer
4119

\"\"Bila Anda atau orang yang Anda cintai menderita gagal jantung, mengetahui gejala dini dari kondisi Anda merupakan jalan untuk memonitor diri sendiri dan membantu menghindari komplikasi gagal jantung. Beritahu dokter Anda mengenai gejala yang Anda alami. Kemudian ikuti petunjuk dokter. Juga ikuti diet Anda, aktivitas dan rencana pengobatan seperti yang telah dikemukakan.

Anda akan mendapat petunjuk hidup bersamanya. Gejala dini yang kelihatan pada gagal jantung adalah sebagai berikut:

Apabila terjadi kesulitan bernapas

Anda akan mengalami kesulitan bernapas apabila darah dan cairan tidak cepat bergerak melalui paru-paru Anda. Anda akan merasa nafas menjadi pendek, seperti mendaki tempat yang tinggi atau seperti menggendong anak. Apabila terjadi, berhentilah bekerja dan diam dengan tenang. Istirahatlah sampai Anda merasa sudah segar.

Apabila Anda sesak nafas sewaktu beristirahat atau sedang tiduran, coba tinggikan kepala Anda dengan mempergunakan beberapa buah bantal. Atau, apabila Anda sesak nafas sewaktu berdiri dari bangun tidur, duduklah dan juntaikan kaki Anda dari tempat tidur, dan goyang-goyangkan kaki dan lutut Anda. Atau, dapat juga berdiri dan berjalan untuk membantu sirkulasi darah.

Apabila dijumpai oedem (pembengkakan) atau kehilangan berat badan

Bila tubuh Anda tidak membuang garam dan cairan, Anda akan mengalami oedem. Bila pada daerah oedem atau pembengkakan ditekan dengan jari, tetapi tetap melekuk untuk sementara, berarti Anda mengalami oedema.

Anda juga dapat melihat adanya oedem pada kaki, tangan dan lutut. Atau Anda dapat melihat bekas dari kaus di kaki atau bekas cincin di jari Anda. Guna mengurangi pembengkakan ini angkatlah kaki atau tangan Anda lebih tinggi dari jantung Anda.

Timbanglah badan Anda setiap hari, pada waktu yang sama dan dengan timbangan yang serupa serta pakaian yang sama. Bila terjadi pengurangan berat badan yang melampaui batas 1 kg setiap hari atau lebih, beritahukan kepada dokter. Dokter akan memberikan pengobatan dan cara mengatasinya.

Gejala lainnya yang perlu diperhatikan

Laporkan gejala berikut kepada dokter Anda bila Anda mengalaminya:

  • Batuk kering.
  • Selalu buang air kecil di waktu malam.
  • Bertambah lemas dan kelelahan.
  • Bagian atas perut terasa sakit atau seperti gembung.

Harap diperhatikan

Panggil dokter Anda apabila Anda tidak dapat bernafas, jantung seperti tidak berdetak atau batuk dengan sputum merah muda atau berbusa.

Sumber : Segala Sesuatu Yang Perlu Anda Ketahui - Gramedia
Halaman :
1

Ikuti Kami