Suriah Kampanye Boikot Facebook

Nasional / 19 September 2009

Kalangan Sendiri

Suriah Kampanye Boikot Facebook

Lestari99 Official Writer
3398

Ribut-ribut klaim wilayah negara tetangga ternyata tidak hanya dialami oleh Indonesia dan Malaysia, tapi juga oleh Suriah dan Israel. Dan akibat hal ini, jaringan sosial ternama Facebook pun terkena imbasnya.

Pasalnya, di Facebook area Golan Heights masuk ke dalam wilayah Israel. Golan Heights merupakan wilayah di barat daya Suriah. Meski diperintah oleh Isreal, tetapi kalangan internasional dan pemerintah Suriah mengklaim wilayah tersebut masuk ke dalam teritori Suriah. Karena hal ini, Suriah akan meluncurkan kampanye agar Facebook diboikot. Pemerintah Suriah juga akan menghalangi warganya untuk mengakses Facebook sebagai bagian dari aksi protes.

Selama beberapa bulan belakangan, komunitas Druze di Golan diizinkan untuk mencatumkan "Suriah" sebagai negara tempat tinggal mereka. Namun, penduduk kota-kota di Golan justru memprotes Facebook. Mereka meminta agar kebijakan diubah sehingga muncul dua opsi nama negara untuk dicantumkan.

Selain itu, pemerintah Suriah sendiri juga melarang akses pengguna ke Facebook. Pemerintah Suriah kuatir warga Israel akan berusaha mengawali kontak dengan warga negara Suriah. Banyak pengguna Facebook di Israel memang sudah menggunakan fasilitas chat untuk berkorespondensi dengan warga Suriah. Selain melarang akses ke Facebook, pemerintah Suriah juga mencekal akses ke situs YouTube.

Sumber : vivanews / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami