Musik Yang Tepat Untuk Olahraga

Psikologi / 19 September 2009

Kalangan Sendiri

Musik Yang Tepat Untuk Olahraga

agnes.faith Official Writer
3631

Anda menyukai olahraga? Atau mendengarkan musik? Bila Anda memiliki hobi ini, maka Anda dapat menyatukannya dalam satu rangkaian. Karena menurut penelitian mendengarkan musik saat berolahraga dapat meningkatkan hasilnya. Dengan musik, Anda dapat lebih menikmati dan mengalihkan rasa lelah Anda.

Anda harus memperhatikan musik apa yang cocok untuk menemani olahraga. Menurut Dr. Costas Karageorghis, seorang profesor psikologi olahraga di Brunel University, Inggris, musik yang tepat adalah yang memiliki tempo 120 hingga 140 ketukan per menit (Beat per Minute/BPM).

Musik-musik seperti jazz, hard core, punk tidak cocok untuk menemani Anda berolahraga. Untuk mereka penyuka bodybuilder, lebih menyukai musik heavy metal baik di gym ataupun di kehidupan sehari-hari. Dengan musik keras mereka dapat tetap semangat, terlebih di saat mereka sedang latihan.

Bagaimana dengan olahraga renang? Anda tidak mungkin dapat mendengarkan musik di dalam air. Tetapi Anda dapat memikirkan dan memainkan lagu atau musik yang Anda sukai di dalam pikiran Anda. Tidak ada perbedaan antara mendengarkan musik ataupun membayangkannya.

Menurut penelitian lagu yang cocok untuk menemani Anda berolahraga adalah "Gonna Fly Now" yang merupakan theme song dari "Rocky".

Sumber : popsy
Halaman :
1

Ikuti Kami