Bisa Menjadi Bos Sebelum 30

Career / 18 September 2009

Kalangan Sendiri

Bisa Menjadi Bos Sebelum 30

agnes.faith Official Writer
2136

Untuk membiasakan diri menjadi bos sebaiknya Anda berlatih menjadi bos. Tetapi bukan akhirnya Anda menjadi bossy. Caranya bisa dengan menjadi teman yang dapat dipercaya rekan kerja. Dengan begitu Anda dapat membantu menjaga semangat tim. Kalau mereka sharing Anda harus bisa mendengarkan mereka.

Tidak perlu menjadi ‘kompor' dan memanas-manasi mereka. Bantu mereka melihat suatu masalah secara proposional. Berikan juga alternative solusi, tetapi biarkan merekamengambil keputusan. Menjadi motivator rekan kerja adalah awal yang bagus.

Setelah itu, tunjukkan kalau Anda tidak hanya berbicara. Ciri pemimpin yang baik adalah bisa menjadi contoh sehari-hari. Menjadi contoh tidak perlu muluk-muluk. Menyelesaikan tugas Anda sebelum tengat watu misalnya, itu adalah contoh yang bagus.

Tingkatkan keahlian komunikasi Anda. walaupun Anda hebat dalam pekerjaan Anda, kalau tidak bisa berkomunikasi dengan baik maka Anda tidak akan didukung oleh rekan kerja apalagi atasan Anda. cara menyampaikan pesan juga tidak kalah penting. Isi pesan mungkin benar tapi kalau kurang pas menyampaikannya, orang lain bisa salah tangkap.

Membina hubungan baik dengan rekan kerja, atasan maupun pihak-pihak lain di luar perusahaan Anda, akan memuluskan jalan Anda menaiki tangga karir. Networking yang luas memungkinkan Anda tahu lebih banyak, bukan hanya tentang perusahaan tempat Anda bekerja, tapi juga perusahaan lain yang bekerja sama dengan Anda.

Bila Anda sudah puas dengan posisi yang sekarang ini yang memberikan Anda penghasilan cukup, rekan kerja yang menyenangkan, dan beban kerja ringan, Anda kemudian tidak pernah berpikir untuk mengerjakan yang lebih lagi. Padahal selalu ada kesempatan untuk memperoleh yang lebih kalau saja Anda berani mencoba.

Berdiskusi panjang dengan rekan kerja adalah hal biasa. Berbeda pendapat juga sering. Tapi Anda tidak perlu sampai bertengkar bahkan musuhan dengan rekan kerja. Pengalaman setiap orang itu unik dan selalu ada yang bisa dipelajari dari pengalaman dengan orang lain. merendahkan orang lain tidak pernah ada untungnya. Bisa jadi suatu saat orang yang tadinya bawahan atau rekan kerja Anda naik posisinya dan menjadi atasan Anda. Anda tidak akan pernah tahu kan?

Sumber : cita cinta magazine
Halaman :
1

Ikuti Kami