Noordin M Top Dipastikan Tewas

Nasional / 17 September 2009

Kalangan Sendiri

Noordin M Top Dipastikan Tewas

Lestari99 Official Writer
3325

Noordin M. Top, gembong teroris yang paling dicari di Indonesia dalam sembilan tahun terakhir ini, dipastikan tewas dalam penyergapan di Solo pada Rabu (16/9) malam hingga Kamis (17/9) dinihari tadi.

Dalam konferensi pers di Markas Besar kepolisian Republik Indonesia pukul 16.00 WIB, Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri mengungkapkan keberhasilan menewaskan Noordin ini.

Beliau mengatakan dari sidik jari yang diperiksa, salah satu korban tewas dalam penyergapan itu identik dengan orang yang menjadi buronan selama sembilan tahun. "Dia adalah Noordin M. Top," kata Bambang Hendarso.

Bambang Hendarso juga menambahkan minimal kesamaan sidik jari itu ada 11 titik kesamaan. Sedang dalam kasus Noordin, ia mengatakan ada 14 titik kesamaan. "100 persen bisa dipertanggungjawabkan secara yuridis formal," ujarnya.

Pengepungan yang berakhir sekitar pukul 05.30 WIB itu, menunjukkan hasil yang mengejutkan. "Empat orang meninggal, tiga masih hidup," kata juru bicara Polri, Inspektur Jenderal Nanan Sukarna, siang tadi.

Jasad berikutnya adalah Hadi Susilo alias Adib. Susilo bekerja di sebuah pondok pesantren sebagai pengurus ternak sapi di Pondok Pesantren Al Kahfi Mojosongo.

Jasad ketiga milik buron teroris Bagus Budi Pranoto alias Urwah. Urwah diduga berperan menyembunyikan Noordin M Top di Temanggung. Urwah pernah divonis 3 tahun 6 bulan pada 2004, karena menyembunyikan Dr Azahari dan Noordin M Top.

Satu jasad terakhir adalah Ario Sudarso alias Suparjo Dwi Anggoro alias Aji alias Dayat alias Mistam Husamudin. Ario adalah buron teroris yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang atau DPO. Ario merupakan pelatih pembuat bom yang diketahui terkait temuan bom di Palembang.

Apakah dengan kematian Noordin M Top ini teroris di Indonesia dipastikan juga berakhir? Kita lihat saja nanti.

Sumber : Berbagai Sumber / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami