Dukung Pariwisata Provinsi Papua

Nasional / 17 September 2009

Kalangan Sendiri

Dukung Pariwisata Provinsi Papua

Budhi Marpaung Official Writer
2520

Kepala Suku Mapia, Distrik Supiori Barat, Andreas Msen meminta penduduk asli Papua agar turut aktif dalam pembangunan keperawisataan di provinsi bagian timur Indonesia itu. Hal tersebut dikemukakannya, Kamis 17 September 2009 di Jayapura.

Menurut Andreas, pariwisata adalah bisnis yang menjanjikan bagi Papua ke depannya. Ia menilai bahwa potensi alam yang luar biasa di provinsinya tersebut masih belum berkembang dengan optimal. Hal ini dikarenakan masyarakat terutama penduduk asli masih belum mendukung upaya pembangunan pariwisata yang digalakkan oleh pemerintah daerah maupun pusat.

Oleh karena itu, ujarnya, tidak ada cara lain agar pariwisata di Bumi Cenderawasih ini bisa maju seperti provinsi-provinsi lainnya maka pengelolaan pariwisata harus dilakukan secara profesional dan partisipasi dari penduduk asli, khususnya masyarakat adat turut ditingkatkan.   

Setiap daerah di negeri ini memiliki kesempatan yang sama untuk mengeksplorasi potensi yang ada di dalamnya, baik itu yang di wilayah barat, tengah, maupun timur. Apalagi dalam era pemerintahan desentralisasi sekarang, hendaknya setiap pihak yang ada di tiap daerah memanfaatkan hal ini untuk kemajuan daerah pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami