Desa Cinta Anak di Ambon

Nasional / 17 September 2009

Kalangan Sendiri

Desa Cinta Anak di Ambon

agnes.faith Official Writer
2577

Perempuan dan anak sangat rentan terhadap penyakit maupun hal-hal tentang kesejahteraan. Maka Pemerintah Kota Ambon bekerjasama dengan UNICEF menetapkan Desa Nania, kecamatan Baguala sebagai percontohan Keluarga Cinta Anak di ibukota Provinsi Maluku itu.

Pada usia 13-16 tahun anak-anak yang memasuki usia remaja dan mencari jati diri dan berada dalam tahap rawan terhadap perubahan yang ada. Diharapkan orangtua sebagai orang terdekat dapat menjadi teman yang baik untuk anak-anak.

Sekretaris Kota Ambon, H. J. Huliselan mengatakan sosialisasi program ini telah dilakukan kepada orang tua siswa dan komite Sekolah Dasar (SD) dan SMP. Salah satu hak anak yang terabaikan adalah hak untuk bermain.

Salah satu program pemerintah kota Ambon yang menggunakan anak sebagai subjek adalah implementasi tema HUT ke-434 Kota Ambon, 7 September yakni "Bersih dan Hijaulah Ambonku".

Ternyata Desa Nania juga menjadi desa percontohan bagi sejumlah proyek kerjasama Pemerintah Kota Ambon dengan UNICEF, Mercy Corps maupun USAID, diantaranya program di bidang kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Dengan adanya program ini, diharapkan daerah lain juga meningkatkan prestasinya di bidang-bidang lain yang ada. Bukan untuk bersaing tetapi untuk menunjukkan bahwa Indonesia adalah Negara yang dapat dibanggakan.    

Sumber : kompas.com/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami