Jalan Alam Dapat Tingkatkan Konsentrasi

Info Sehat / 17 September 2009

Kalangan Sendiri

Jalan Alam Dapat Tingkatkan Konsentrasi

Tammy Official Writer
4426
\"NatureBerjalan-jalan di lingkungan yang masih alami, seperti taman atau alam bebas, tidak hanya bagus untuk paru-paru, tapi juga baik untuk meningkatkan konsentrasi.

Peneliti dari Universitas Michigan menemukan bahwa daya ingat dan konsentrasi seseorang akan meningkat 20 persen bila kita secara rutin berjalan-jalan di taman atau alam bebas.

Dibanding suasana perkotaan, bentang alam memberikan efek yang damai sehingga otak kita bisa mengolah proses informasi dengan lebih baik. Demikian menurut peneliti, Marc Berman, PhD.

"Lingkungan yang bising, seperti suara lalu lintas dan kendaraan, papan billboard dan manusia yang lalu lalang, akan membuat perhatian kita mudah teralihkan," kata Berman. Karena itu, Berman menyarankan agar kita meninggalkan semua peralatan yang mengganggu kita menikmati suasana alam, seperti iPod atau ponsel saat berjalan-jalan di taman.

Hmm, selain sehat... Alam memang terbukti memberi suasana baru bahkan inspirasi baru terutama bagi kita yang tinggal di perkotaan. Jangan ragu-ragu menikmati alam... Apalagi negeri kita memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Selamat berjalan-jalan di alam!


Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami