Jangan Terperangkap Iklan Investasi

Investment / 17 September 2009

Kalangan Sendiri

Jangan Terperangkap Iklan Investasi

Tammy Official Writer
2717
Di dunia perinvestasian, sedihnya sangatlah umum bagi para penjual untuk memberikan klaim-klaim yang tak hanya tak akurat, realistis atau valid. Mereka menjanjikan hal-hal yang tampaknya tak mungkin atau pada tingkat manapun, tak mungkin terselesaikan dengan efektif dan berguna. Para investor yang belum banyak pengalaman, dan investor-investor yang sudah banyak pengalaman mungkin saja terperangkap ke dalam pemikiran bahwa itu semua adalah investasi yang bagus dan terkelola dengan baik. Dan satu kesalahan yang serius dapat membahayakan keamanan finansial seseorang. Tetapi bagaimana Anda bisa membedakan antara publisitas berlebihan dan realitas?

MASALAH-MASALAHNYA:
Informasi Menyolok

Brosur-brosur (atau situs-situs internet) yang berkilau dan menarik dan foto-foto yang mencolok seharusnya ditiadakan karena tidak relevan dengan proses investasi. Itu semua tidak berarti apa-apa. Nikmati saja melihat pada itu semua, tetapi jangan menganggapnya serius. Fokuslah pada informasi dan penawaran-penawaran yang sebenarnya.

Kompleksitas Produk
Kompleksitas produk itu sendiri mengarah pada jebakan iklan. Produk-produk berstruktur bisa sangat sulit untuk dimengerti, tetapi untuk memasarkannya sangatlah mudah dan tampaknya tidak sulit. Investor-investor tak berpengalaman khususnya sangat rentan. Sang penjual memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa kompleksitas produk tidak disalahgunakan untuk menutup-nutupi resiko. Ada pepatah bijak yang mengatakan untuk tidak membeli apa yang tidak Anda mengerti. Bagaimanapun, saran ini memotong banyak investasi yang berpotensi bagus. Pastikan Anda mendapatkan saran dari seseorang yang bisa Anda percayai, terutama seseorang yang tidak terlibat mendapatkan satu sen pun dari transaksi.

Sederhana, Tetapi Juga Memperangkap
Sejarah return adalah salah satu dari permasalahan umum. Hanya karena sesuatu sudah berjalan dengan baik di masa lalu, tidak berarti itu berlanjut dengan cerita yang sama. Itu bisa saja berarti sesuatu yang berseberangan. Mempertanyakan pasar mungkin saja memuncak atau mungkin saja terlalu banyak resiko yang telah diambil (karenanya return tinggi masih jauh) dan kegentingan pun datang. Singkatnya, proyeksi-proyeksi ke depannya, sesuai dengan kealamiannya, tak dapat dipercaya. Apa yang penting adalah nature dari produk tersebut, tidak ketika ‘bola kristal' mengatakan sesuatu kepada Anda.

Garansi-garansi harus diperlakukan dengan kecurigaan yang sehat. Frase-frase seperti "risk-free," "aman" dan "terlindungi" mungkin sebenarnya berarti bahwa Anda akan menerima selanjutnya tanpa pertambahan apapun dan mungkin saja berarti sama saja dengan menaruh uang Anda di bank. Atau mereka memang murni salah. Perlindungan mungkin saja tak cukup atau mungkin saja tak ada ketika Anda benar-benar membutuhkannya.

Klaim Dan Janji-Janji Yang Tak Berarti Atau Memperangkap
Beberapa firma melebih-lebihkan kompetensi mereka atau tingkap pelayanan yang mereka tawarkan. Misalkan, sebuah klaim seperti "kami mempercayai bahwa sukses berinvestasi membutuhkan monitor reguler dan perhatian hingga detail terperinci" adalah sangat bagus pada prinsipnya. Tetapi banyak firma tidak melakukan ini, tak peduli apapun yang mereka siratkan. Demikian pula, menjanjikan untuk "mengelola sebuah hubungan erat" adalah tak jelas dan terkadang tak berarti apa-apa.

SOLUSI-SOLUSINYA:
Iklan InvestasiRegulasinya
Di hampir kebanyakan negara - seperti Amerika dan Eropa - iklan investasi memiliki regulasinya. Teorinya, ini mewajibkan firma-firma untuk mengungkapkan level minimum dari informasi dan untuk beriklan dengan jujur. Meskipun begitu, pada praktiknya, ini tidak berarti secara konsisten bahwa iklan-iklan tersebut memberikan apa yang orang perlu tahu. Sayangnya, regulasi tidak selalu mencakup semuanya, dan tidak menyediakan apapun yang dekat dengan perlindungan penuh atau cukup.

Ada beberapa isu fundamental yang harus Anda perhatikan sebelum Anda membeli. Pertama, Anda perlu tahu dengan sangat pasti apa itu istilah investasi - ekuitas-ekuitasnya, obligasi-obligasinya, real estate atau apa? Lebih jauh lagi, masing-masing dari kategori tersebut memiliki cabang-cabangnya sendiri. Kedua, Anda perlu mengetahui tingkat resiko dan harga-harga untuk mendapatkannya dan keluar (atau tetap tinggal berinvestasi). Sangatlah penting untuk mengert mengapa Anda harus berinvestasi pada waktu sekarang. Timing pasar yang sebenarnya adalah sulit atau malahan tak memungkinkan, tetapi umumnya sangatlah jelas apakah sebuah kelas aset khusus adalah relatifnya sebuah investasi yang baik atau tidak saat diberikan pada suatu waktu tertentu.

Do It Yourself
Anda bisa melakukan banyak dengan menjaga kecerdikan-kecerdikan mengenai Anda. Tetapi, realistisnya, ini hanya diaplikasikan bagi mereka dengan tingkat pengetahuan dan pengalaman yang beralasan. Membaca artikel-artikel seperti ini atau mendapatkan saran dari sebuah sumber dapat dipercaya bisa menolong memastikan Anda mengetahui skor Anda. Media, para pengatur hukum, dan organisasi-organisasi associated consumer bisa menolong. Tetapi untuk awalnya, lakukan pekerjaan rumah Anda. Mungkin artinya harus berluka-luka dahulu dan membutuhkan sebuah usaha, tetapi luka dari sebuah kesalahan bisa lebih fatal lagi.

Sumber : investopedia.com
Halaman :
1

Ikuti Kami