Kejar Setoran, DPR Terjebak Target Sendiri

Nasional / 16 September 2009

Kalangan Sendiri

Kejar Setoran, DPR Terjebak Target Sendiri

Budhi Marpaung Official Writer
2698

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI dalam waktu dekat akan segera digantikan dengan anggota wakil rakyat terpilih periode 2009-2014. Namun, lagi-lagi ternyata dalam masa akhir tugas para anggota terhormat ini masih menyisahkan banyak pekerjaan rumah, salah satunya adalah perampungan sejumlah Rancangan Undang-Undang yang masih dalam tahap pembahasan di ruang rapat persidangan,

Sejumlah kabar yang tidak mengenakkan pun mulai santer dihembuskan, salah satunya adalah mengenai para anggota DPR yang mencari muka kepada rakyat Indonesia dengan cara mengesahkan beberapa RUU menjadi UU dalam waktu sempit yang mereka punya.

"Itu target yang keliru, karena kalau memaksakan untuk mengesahkan UU dengan mengabaikan hal yang sifatnya prosedural dan substansial dampaknya bisa digugat sama publik, justru malah tidak membantu. Itu yang keliru dipahami DPR," ujar Ketua Formappi Sebastian Salang seperti yang kami kutip dari okezone.com, Rabu (16/9/2009).

Sebastian juga mengingatkan para wakil rakyat agar lebih berhati-hati dalam mengesahkan UU, sehingga tidak kembali terjebak dengan produk yang dihasilkan.

"Mereka kayaknya sudah terjebak dalam target mereka sendiri bahwa mereka dinilai maksimal kalau menghasilkan sekian banyak dari target, tapi apalah artinya apabila yang dihasilkan bermasalah," tambahnya.

Seperti diketahui, dalam beberapa hari terakhir ini anggota DPR mengebut pengesahan sejumlah RUU. Rapat paripurna digelar hampir setiap hari. Bahkan pada hari libur pun mereka tetap memaksakan masuk. Namun, ternyata tidak semua para wakil rakyat yang mau melaksanakannya. Masih banyak anggota DPR yang bolos dalam persidangan. Bahkan seringkali sidang ditunda karena tidak memenuhi kuorum.

Mudah-mudahan ini menjadi pelajaran bagi anggota DPR/MPR RI yang sebentar masuk ke gedung Senayan. Jangan sampai para anggota DPR terpilih yang mempunyai idealisme membawa perubahan akhirnya kalah dengan sistem yang ada. Lakukan segala sesuatunya dengan jujur dan atas dasar kepentingan rakyat.

Sumber : okezone.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami