Waspadai Kejahatan Saat Mudik

Nasional / 14 September 2009

Kalangan Sendiri

Waspadai Kejahatan Saat Mudik

Lestari99 Official Writer
2524

Mudik lebaran semakin mendekat. Suasananya begitu terasa di seantero negeri ini meskipun banyak di antara Anda yang tidak ikut merayakan Lebaran. Tapi tentu saja bila Anda mendapatkan jatah cuti bersama dari perusahaan tempat Anda bekerja, suasana inipun akan ikut Anda rasakan.

Sebagaimana tempat-tempat ramai rawan kejahatan, demikian juga dengan mudik Lebaran kali ini. Biasanya aksi kejahatan semakin marak saat Lebaran. Jadi bagi Anda yang berniat untuk mudik, baik menggunakan kendaraan sendiri maupun kendaraan umum, berhati-hatilah degan orang-orang yang ada di sekitar Anda.

Jangan percaya dengan orang yang baru dikenal, apalagi bila dia menawarkan untuk memberikan minuman maupun makanan. Bisa jadi makanan atau minuman itu telah dicampur dengan obat bius. Bahkan saat ini, ada yang lebih canggih lagi. Dengan tissue, para pelaku kejahatan ini melancarkan aksinya.

Caranya mudah, waspadai bila ada penumpang di sebelah Anda yang mengeluarkan tisu basah, apalagi bila Anda mulai mencium aroma yang menyengat setelah tisu itu dikeluarkan. Sebenarnya aroma tisu basah yang keluar itu adalah akibat campuran dari aseton dan alkohol 85 persen. Baunya tentu sangat berbeda dengan bau tisu basah pada umumnya.

Karena sudah menahan nafas, maka si pelaku tidak terpengaruh dengan aroma yang dikeluarkan oleh bau dari tisu tersebut. Tapi kita yang yang tidak sadar akan menghirup dalam-dalam aroma yang menyengat itu. Pelaku kemudian akan berusaha mendekatkan tisu yang dipegangnya ke hidung korbannya dengan berbagai cara. Mulai berpura-pura ingin menutup atau membuka kaca jendela sampai menawarkan tisu tersebut kepada korbannya.

Karena telah menghirup aroma dari tisu tersebut biasanya langsung merasa mual dan pandangan mata dengan cepat langsung berkunang-kunang, dalam hitungan menit aroma tersebut membuat kesadaran korban menurun hingga tidak sadarkan diri. Bila sudah begitu dengan mudah pelaku kemudian akan berpura-pura baik dengan menaruh perhatian pada korbanya dengan menanyakan kodisi korban yang mulai pucat. Padahal itu adalah cara pelaku untuk memastikan kalau korbannya sudah terpengaruh dengan aroma tisu tersebut. Setelah dipastikan tidak sadarkan diri, baru pelaku akan mengasak seluruh barang bawaan korbannya. 

Senantiasa waspada dalam perjalanan mudik Anda sangat dianjurkan. Lebih aman bila Anda mengajak orang lain yang Anda kenal saat mudik sehingga dapat saling menjagai dan Anda pun dapat menikmati liburan bersama keluarga dengan penuh sukacita.

Sumber : vivanews / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami