Gastroesophageal Reflux Disease

Info Sehat / 13 September 2009

Kalangan Sendiri

Gastroesophageal Reflux Disease

agnes.faith Official Writer
4702

Penyakit ini sering disingkat dengan GERD. Penyakit ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kanker kerongkongan atau kanker lambung. Penyebabnya adalah adanya aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan yang dapat menimbulkan luka.

Gejalanya terasa sakit di dada, tulang belakang tulang dada dan pertengahan perut yang frekuensinya seringenelitian menunjukkan bahwa orang dengan Gerd, terdapat LES yang relaxes alias tidak menutup dengan baik .Kelainan Anatomis dari lambung , Hernia diafragma, otot di dinding yang memisahkan dada dari perut.

Mitchell Cappel MD, PhD kepala gastroenterology at Beaumont Hospital in Royal Oak, Michigan menhungkapkan bahwa stress dapat mempengaruhi fungsi otot. Pasien yang dalam tekanan psikologis akan mengalami banyak tekanan walaupun ia tidak menderita penyakit ini. Manusia hidup dalam banyak tekanan dan sakit pada ulu hati itu sering terjadi.

Menurut survei, stress adalah salah satu pemicu dari penyakit ini. stress dapat membuat orang menjadi lebih sensitif.

Penelitian oleh  Journal of Psychosomatic Research yang menyertakan 40 pasien yang menderita chronic heartburn dan acid reflux. Peneliti meneliti setengah dari pasien dengan memberi mereka tugas untuk mempersiapkan pidato singkat selama 5 menit. Tingkat keasaman pada kedua grup hampir sama. Pada grup yang stress, terdapat peningkatan tingkat keasaman.

Intinya adalah adanya kaitan yang kuat antara stress dengan peningkatan asam lambung. Hal ini dikatakan Dr. Schreiber.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami