Bebas Dari Kebiasaan Boros

Investment / 13 September 2009

Kalangan Sendiri

Bebas Dari Kebiasaan Boros

Tammy Official Writer
3860
Untuk menjadi bebas dari jerat hutang dan tetap bebas dari jerat hutang, patahkanlah kebiasaan boros yang tidak produktif itu. Bila Anda sudah muak dan lelah kekurangan uang, maka sudah waktunya Anda akhirnya akan melakukan sesuatu untuk mengubah perilaku Anda yang sekarang. Patahkan kebiasaan-kebiasaan pengeluaran yang buruk itu dan segala jalan-jalan ke toko dan belanja seharian yang tidak baik itu. Karena ketahuilah bahwa Alkitab tidak mengajarkan, sebagaimana dikatakan orang-orang tertentu, bahwa semua hutang itu jahat dan dosa. Walau demikian, Alkitab memang mengajarkan betapa buruknya hutang dan betapa hutang tidak dikehendaki. Hutang haruslah selalu menjadi suatu keadaan jangka pendek dan pilihan terakhir. Hutang tidak dimaksudkan untuk menjadi jalan hidup.

Satu-satunya cara untuk keluar dari hutang adalah dengan berhenti berhutang! Satu-satunya cara untuk berhenti berhutang adalah dengan tidak lagi mengambil hutang. Dan, satu-satunya cara untuk tidak lagi mengambil hutang adalah dengan mematahkan kebiasaan-kebiasaan boros Anda yang tidak produktif dan yang sudah lama Anda lakukan.

Jika Anda tidak mempunyai disiplin atau kemampuan untuk membayar saldo kartu kredit Anda sepenuhnya setiap bulan, maka Anda seharusnya melepaskan diri dari kartu kredit, atau dari kartu-kartu kredit. Akhiri, bekukan, sembunyikan di garasi, atau apapun yang Anda perlukan untuk mencegah dan melepaskan diri dari pengeluaran yang tidak perlu. Ingat, jika Anda membelanjakan uang lebih dari yang Anda hasilkan, Anda akan lebih dalam lagi terjerumus ke dalam hutang. Jika Anda terus belanja seperti ini, maka Anda akan mengalami bola salju beban hutang - yang begitu mulai menggelinding, sulit sekali dikendalikan. Pada titik ini, Anda pasti akan menggelinding menuju bencana.

Jika Anda memiliki lebih dari satu kartu kredit, lepaskan diri dari yang suku bunganya paling tinggi. Jika Anda membayar penuh saldo yang belum terbayar setiap bulan, seperti yang saya lakukan, lepaskanlah diri dari kartu yang mengenakan biaya tahunan untuk account Anda dengan 25 dolar hingga 50 dolar (setara Rp 475.000,-). Setiap rupiah yang dihemat adalah setiap rupiah yang diperoleh. Jalan menuju kemandirian finansial berasal dari membuat ratusan keputusan kecil yang berhati-hati sepanjang hidup, masing-masing tidak terlihat signifikan, tetapi secara kolektif menghasilkan perbedaan besar antara ketergantungan finansial dan kemandirian finansial.

Bebas BorosSatu cara untuk mematahkan kebiasaan pengeluaran yang buruk adalah dengan melihat kredit sebagai total saldo yang belum terbayar, daripada sebagai pembayaran bulanan minimum. Setiap bulan, lunasi semua biaya baru pada kartu Anda, ditambah bunga dan sebagian dari saldo terdahulu. Anda akan mengurangi saldo hutang setiap bulan dengan nilai di bawah saldo bulan sebelumnya. Hal ini akan semakin mudah bila terus Anda lakukan.

Kartu-kartu kredit bukanlah perpanjangan gaji Anda. Anda akhirnya mempunyai uang lebih sedikit, bukannya semakin banyak. Jangan pernah mengambil uang tunai di muka dengan menggunakan kartu kredit.

Banyak checking account menawarkan keistimewaan overdraft yang berbahaya. Account ini membuatnya menjadi sesuatu yang mudah, cukup dengan menuliskan check tanpa perlu ada dana yang cukup dalam account yang bersangkutan. Semua metode ‘kredit lunak' ini akan menjerumuskan Anda dalam masalah hutang dan membuat Anda tetap di sana jika Anda tidak segera memutuskan sekarang dan untuk seterusnya bebas dari kebiasaan-kebiasaan boros Anda.

Masa depan Anda cerah. Anda DAPAT mewujudkannya! Bebaskan diri dari kebiasaan boros Anda sekarang!

Sumber : Biblical Principles for Becoming Debt Free
Halaman :
1

Ikuti Kami