Bebas Repot Mudik Bersama Si Kecil

Parenting / 12 September 2009

Kalangan Sendiri

Bebas Repot Mudik Bersama Si Kecil

Lestari99 Official Writer
2448

Sebentar lagi setiap kita akan menghadapi libur lebaran. Meskipun tidak ikut berlebaran, tapi karena libur yang cukup panjang, mungkin ada dari antara Anda yang berencana untuk membawa keluarga ke luar kota untuk menikmati liburan.

Liburan adalah hal yang menyenangkan tapi tak jarang anak-anak cepat merasa bosan. Anda pun repot dengan segala macam pertanyaan yang dilontarkan sang buah hati setiap menit. Nah, trik berikut ini akan membantu Anda untuk membuat anak-anak Anda happy dan nyaman selama di perjalanan dan Anda pun tidak akan direpotkan karena kebosanan yang mereka rasakan.

Sesuaikanlah jadwal perjalanan Anda dengan jadwal harian anak. Jika Anda tak dapat menghindari untuk naik pesawat jarak jauh, sebaiknya cari  penerbangan langsung.  Usahakan untuk memilih jadwal terbang di saat waktunya si kecil tidur atau menyusui. Untuk anak yang lebih besar, usahakan duduk dekat jendela. Tibalah di airport lebih awal sehingga Anda tak perlu terburu-buru membawa anak Anda. Hal ini juga berlaku jika Anda bepergian naik kereta.

Bila Anda naik mobil, buatlah ruang yang cukup agar si kecil bisa tidur. Ada baiknya Anda berangkat pagi-pagi sekali. Dengan begitu mereka bisa memulai perjalanan dengan tidur dan ketika terbangun, perjalanan yang ditempuh sudah cukup jauh.

Kenakan baju nyaman. Pilihlah bahan pakaian anak yang bisa menyerap keringat, seperti katun. Jangan lupakan jaket, tas khusus untuk baju-bajunya, tas kecil yang berisi obat-obatan untuknya, botol yang diisi susu bubuk, makanan kecil favoritnya, buku gambar dan krayon, serta mainan ataupun boneka kesayangannya. Jika anak Anda sudah besar, biarkan ia membawa tasnya sendiri.

Ciptakan permainan. Meskipun mainan yang Anda bawa bisa mengalihkan perhatian si kecil, namun Anda juga bisa menciptakan permaianan agar anak-anak Anda happy dan nyaman selama perjalanan. Misalnya, belilah buku atau kartu dan ajaklah anak Anda bermain dengan itu. Buatklah anak Anda bersemangat dengan menceritakan hal-hal yang menyenangkan. Dijamin, si kecil tidak akan mengeluh lagi.

Siapkan snack kesukaannya. Jangan lupa membawa camilan favorit si kecil. Siapkan satu tas kecil khusus yang berisi makanan atau minuman ringan untuknya. Misalnya, susu atau jus buah kemasan, keripik, biskuit, dan buah-buahan. Sebaiknya, aturan tidak boleh ngemil, dilanggar saja dulu. Lagi pula, mereka kan, sedang berlibur. Jadi, saat mereka merasa lapar, ajak mereka membuka bekal yang disiapkan dari rumah.

Saat si kecil tidur, Anda bisa istirahat. Ketika waktunya bagi anak Anda untuk makan, Anda bisa berhenti dulu untuk itu. Bila si kecil mulai gelisah, Anda dapat mampir di rest area. Biarkan dia bermain dan berlari-lari di sekitar tempat istirahat. Jika tidak, anak Anda bisa rewel sepanjang hari, bahkan  mudah sakit. Biasanya dia rewel karena otot-otot badannya kaku.

Bikin list keperluan buah hati Anda. Perlengkapan penting yang sebaiknya tidak Anda lupakan, antara lain tisu basah dan cairan  antiseptik agar buah hati tidak rentan terkena kuman, kantong plastik untuk persiapan jika si kecil ingin muntah, dan bantal serta selimut agar saat tidur lebih nyaman.

Dengan mecoba segala trik ini, semoga perjalan Anda bersama si kecil bisa menyenangkan. Selamat berlibur.

Sumber : kosmo.viva
Halaman :
1

Ikuti Kami