Pengendalian Diri

Kata Alkitab / 12 September 2009

Kalangan Sendiri

Pengendalian Diri

Puji Astuti Official Writer
5922

Kemauan kata yang terlupakan di tengah-tengah sebagian besar kalangan Kristen hari ini. Banyak dari kita yang lemah, lembek, dan berlemak baik tubuh kita atau dalam hati. . . atau keduanya.

Pemakaian yang berlebihan dan prestasi rendah di zaman kita telah membuat monster otak yang malas, visi yang kabur, tangan yang serakah, kulit yang tipis, orang yang ragu, dan pencari aman.

Apa yang telah melahirkan hal aneh ini, produk yang lembek? Orang Yunani akan berkata: "Kurangnya ofenkrateia yang serius." Itu bukan vitamin, itu --- kebajikan pengendalian diri.

Kata sebenarnya berarti "kekutan atau kekuatan batin." Diperluas, hal itu termasuk hal-hal seperti memiliki penguasaan atau kepemilikan atas sesuatu, kekuatan mengendalikan kehendak (di bawah kuasa Roh Allah), kekuatan batin untuk melawan dan menahan diri, kekuatan untuk tidak memanjakan diri, bukan untuk bertindak berdasarkan dorongan .

Paulus menggunakan istilah ini dalam 1 Korintus 7:9 mengenai pengendalian hasrat seksual. Dia merujuk pada pasal 9:25 dimana dia berbicara tentang atlet yang memiliki kendali atas tubuh dan hal ini dilakukannya selama periode pelatihannya, sebuah disiplin.

Kaku, disiplin berat masuk ke pelatihan seperti itu, dicampur dengan keterpisahan dan kesepian. Disiplin jiwa - hal inin adalah teman setia dari atlet Yunani abad pertama. Enkrateiabecame adalah nama tengahnya selama sepuluh bulan.

Dalam Galatia 5:23, kebajikan ini ada dalam daftar buah-buah Roh. Tetapi supaya jangan Anda pikir itu adalah sesuatu yang Tuhan tiba-tiba berikan pada Anda tanpa keterlibatan pihak Anda, izinkan saya mengutip 2 Petrus 1:5-6 untuk menjaga segala sesuatu dalam keseimbangan:
Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan, dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan,

Ada dua hal yang Anda perlu amati disini. Pertama, ini adalah serangkaian perintah ke pada orang Kristen --- sebuah tanggung jawab. Kedua, untuk melaksanakan perintah ini memerlukan "menerapkan semua dengan baik" --- ini akan menuntut pengorbanan. . . emosional, keringat, dan air mata!

Perlu diingat,  saya ingin menerapkan pengendalian diri untuk hidup kita hanya dari dalam keluar. Tentu saja, kita adalah produk dari apa yang kita pikirkan. Tindakan dan reaksi kita berasal dalam pikiran kita. Apa yang Anda pikirkan? Apa yang paling banyak  menghabiskan sebagian besar energi mental Anda?

Beberapa pertanyaan diatas pernah menghantui saya ketika mempertimbangkan bagaimana suatu fenomena seperti menonton TV telah begitu benar-benar membuat jenuh masyarakat kita. Pertimbangkan fakta-fakta berikut:

Sembilan puluh lima persen rumah tangga di Amerika --- lebih dari 60 juta rumah --- punya televisi. 100.000 tambahan set selalu ditambahkan setiap bulannya. Lebih dari 106 juta orang dewasa menemukan diri mereka di depan tabung itu setiap minggunya

Saya tidak perlu mengingatkan Anda bahwa saya tidak anti-TV. Saya sendiri dan saya benar-benar menikmati melihat program yang dipilih secara teratur ketika  waktu mengizinkan. Namun,hal ini sangat serius ketika sebuah bangsa seperti kita telah menjadi begitu kurang dalam pengendalian diri bahwa kita tidak dapat mengubah satu-inci tombol untuk "off" dan memberikan pikiran dan mata kita yang butuh istirahat dari ledakan kosmos propaganda yang konsisten.

Sayang bahwa banyak orang Kristen lebih hafal jadwal TV daripada satu bab dari Firman Allah yang berharga. Karena kurangnya mental pengendalian diri, dikendalikan oleh  hasrat untuk menjadi terhibur dan geli, bukannya ditantang melalui membaca atau diskusi keluarga atau diam meditasi dan membuat perencanaan dan penetapan tujuan pribadi.

Saya sarankan Anda menyerang masalah ini dengan senapan terisi, bukan hanya sekali tembak. Ambil satu daerah yang perlu Anda perbaiki pada satu waktu dan tembak ke dengan doa dan tekad tak kenal lelah ketika Roh memberikan bubuk mesiu. Saya rasa saya mendengar beberapa tembakan sudah.

Jangan gagal untuk menarik kuasa Tuhan saat Anda melatih pengendalian diri, ketahuilah bahwa kekuatan-Nya bersama Anda. Pahami dan percayalah apa yang tertulis di Roma 8:9-14.

Halaman :
1

Ikuti Kami