Tony Blair, Iman Berperan Penting Dalam Pembangunan

Internasional / 11 September 2009

Kalangan Sendiri

Tony Blair, Iman Berperan Penting Dalam Pembangunan

Puji Astuti Official Writer
4247

Mantan Perdana Menteri Tony Blair telah memperingatkan dunia untuk tidak mengabaikan pentingnya iman.

"Masalah iman. Itu penting, pada kenyataannya, apakah anda beragama atau tidak, atau bahkan anti-agama, "katanya.

"Ketika mengabaikan peran iman maka hal itu adalah menutup mata ke dimensi dunia yang memainkan peran dalam pemikiran dan sikap dari miliaran orang."

Blair menyerukan kepada orang-orang beriman maju lebih dari sekadar toleransi dan memperlakukan satu sama lain "sama" dan memperingatkan pada "sisi gelap" dari keyakinan yang radikal.

"Orang-orang yang memegang keyakinan mendalam tentang hidup dan tujuannya tentu dapat cenderung untuk memegang pandangan yang berlebihan atau titik prasangka. Itulah bahaya yang melekat dalam iman, "katanya.

"Setiap sesi dalam seri seminar ini dirancang agar terbuka, jujur, dan jika perlu, diskusi kritis tentang peran bahwa iman yang dapat berperan di semua aspek pembangunan."

Seminar telah disusun oleh Tony Blair Faith Foundation dalam kemitraan dengan DFID, Islamic Relief, Oxfam dan World Vision, dan diselenggarakan oleh Royal Society untuk dorongan Seni, Manufaktur, dan Perdagangan.

"Ini adalah waktu yang sangat penting untuk memiliki diskusi ini," kata Patrick Watt, Kepala bagian pelayanan umum dan kampanye World Vision.

"Iman - dan pertanyaan-pertanyaan yang mengelilingi itu - membentuk sikap seseorang, perilaku, dan pandangan dunia. Ini mempengaruhi cara orang berinteraksi dan dan penampilan mereka."

"Pemahaman tengtang hal ini penting ketika mengarah pada sebab-sebab dan akibat dari kemiskinan yang ekstrim."

Blair mendukung laporan yang diterbitkan pada hari Senin oleh Institut Woolf Abrahamic Faith yang mempertimbangkan bagaimana organisasi berbasis agama dapat bekerja lebih efektif di semua agama.

'Menjaga Iman dalam Pembangunan "mengatakan bahwa organisasi-organisasi berbasis agama dipisahkan dari rekan-rekan sekuler mereka karena dukungan yang mereka nikmati dari para pemimpin agama.

Ia menambahkan, bagaimanapun juga, bahwa mereka menghadapi tantangan yang muncul untuk mewakili satu kelompok iman dan "bagasi ingatan sejarah" yang dapat menyebabkan kecurigaan terhadap organisasi iman tertentu.

Blair mengatakan: "Laporan menunjukkan bahwa iman dalam organisasi memiliki jangkauan yang unik karena mereka mewakili, dan dihormati oleh komunitas iman mereka, memberikan kredibilitas tambahan dengan komunitas agama setempat di atas tanah yang dapat memfasilitasi mereka bekerja."

Sumber : Christian Headline/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami