Bergaya Hidup Sehat Sebelum Ingin Hamil

Solusi Sehat / 11 September 2009

Kalangan Sendiri

Bergaya Hidup Sehat Sebelum Ingin Hamil

Tammy Official Writer
4889
Hamil SehatBertentangan dengan pendapat pada umumnya, ternyata terdapat lebih banyak kehamilan yang terjadi dibandingkan hubungan seks tanpa pelindung yang terjadi. Banyak pasangan yang melakukan kesalahan dan ketika mereka gagal hamil, dengan cepat mereka beranggapan salah satu dari mereka mandul. Padahal dengan merubah gaya hidup dan menghilangkan kebiasaan-kebiasaan kecil yang kita lakukan setiap hari, seperti merokok, dapat memudahkan jalan para pasangan untuk memiliki keturunan.

Mulailah jalankan hidup sehat! Direktur Morula IVF Jakarta dan Wakil Direktur Bundamedik Healthcare System Jakarta, Indonesia, Dr Ivan R. Sini, memberikan beberapa tips menuju kehamilan sukses:

* Bagi pasangan menikah yang saat ini tengah mengkonsumsi pil KB, hentikan konsumsi pil tersebut. Sebagian besar dokter akan merekomendasikan wanita menunggu 3 kali siklus mens agar tubuh kembali beradaptasi setelah berhenti minum pil sebelum mencoba untuk hamil.

* Mulailah mengkonsumsi vitamin pre-natal (sebelum melahirkan) sebelum mengandung. Para profesional bidang medis menganjurkan wanita mengkonsumsi 400 microgram asam folat setiap hari selama sebulan sebelum berusaha untuk mengandung dan mengkonumsi sedikitnya 600 microgram setiap hari, setelah kehamilan terjadi. Riset menunjukkan bahwa dengan melakukan hal tersebut, dapat mengurangi resiko cacat syaraf pada bayi hingga 70 %.

Hamil Sehat* Seimbangkan hormon dengan nutrisi baik dan suplemen herbal. Zat besi, kalsium, magnesium dan vitamin B6 sangat baik untuk mempertahankan keseimbangan hormon. Berbagai herbal yang juga baik untuk keseimbangan hormone yaitu chamomile, daun raspberry, ginkgo biloba, saw palmetto, ginseng, akar licorice dan cohosh hitam. Konsultasikan dulu dengan dokter jika tidak yakin pada efek samping suplemen herbal.

* Saat tepat untuk menjalani gaya hidup sehat adalah sebelum hamil. Pertahankan berat badan ideal, olahraga rutin, konsumsi makanan sehat, kurangi stres, hindari rokok, alkohol dan narkoba. Kebiasaan-kebiasaan baik yang anda lakukan dapat membantu kehamilan terjadi dengan mudah dan berdampak baik bagi bayi dan diri sendiri selama kehamilan berlangsung.

Ya, pastinya dengan gaya hidup sehat yang Anda jalani sebagai seorang ibu hamil, itu akan sangat berdampak besar bagi bayi yang ada dalam kandungan Anda. 

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami