Bapak Yoyo Indonesia

Nasional / 10 September 2009

Kalangan Sendiri

Bapak Yoyo Indonesia

agnes.faith Official Writer
4675

Siapa yang tak kenal dengan yoyo. Permainan anak-anak ini sudah dikenal di seluruh dunia. Di Indonesia, permainan ini sangat disukai oleh anak-anak sampai orang dewasa. Tetapi apakah Anda tahu siapa yang menjadi Bapak Yoyo Indonesia?

Oke Rosgana, pria asal Subang yang lahir di Bandung, 20 Oktober 1975 silam itu dikenal oleh dunia internasional karena kepiawaiannya bermain yoyo. Ia banyak menjuarai kontes yoyo di Indonesia bahkan sampai internasional. Bukan hanya itu, ia juga diberi kepercayaan oleh perusahaan yoyo Amerika untuk mendesain yoyo.

Oke mengajar bermain yoyo untuk anak-anak dan orang dewasa. Secara teori atau prakteknya dengan trik-trik kejuaraan dunia yang ia tahu. menurutnya bermain yoyo adalah permainan rasa. Bukan hanya sekedar hobi tetapi juga menjadi percaya diri karena harus ikut kontes-kontes. Bahkan di salah satu sekolah di Subang, yoyo dijadikan ektrakulikuler.

Kecintaannya pada permainan yoyo berawal dari kontes yoyo di Bandung tingkat dunia pada tahun 2000. Lalu ia ingin sekali memiliki yoyo yang akan menjadi hadiahnya. Akhirnya menang dan mendapat yoyo seharga 1 juta. Selain itu, Oke juga mengikuti kontes desain tutup yoyo yang diadakan oleh Proyo (perusahaan yoyo di Amerika), dan ia menang dan mendapat yoyo seharga 450 dollar. Setelah prestasinya itu, ia semakin terkenal.

Ia juga mendorong para pebisnis yoyo tradisional di Subang untuk terus mengembangkan yoyo sebagai permainan yang membangun. Selain itu Oke juga dipercayai sebagai juri dalam berbagai kontes yoyo di Indonesia. Oke berharap yoyo dapat menjadi permainan yang berkembang dan pemain yoyo Indonesia dapat dikenal di dunia internasional.

Sumber : Liputan6.com/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami