Merpati Pos Dari Afrika

Nasional / 10 September 2009

Kalangan Sendiri

Merpati Pos Dari Afrika

agnes.faith Official Writer
3684

Pada zaman orangtua dulu merpati adalah alat yang dipakai untuk menyampaikan pesan karena saat itu alat komunikasi sangat terbatas. Tetapi untuk zaman sekarang, apakah merpati pos masih berjaya?

Ternyata ditengah-tengah kecanggihan dan kemajuan teknologi saat ini, Afrika Selatan masih memakai jasa burung dara untuk menyampaikan data. Koneksi dan kecepatan internet dan kekurangan bandwidth menjadi alasan mengapa Telkom Afsel lebih memilih sang burung dara.

Hal ini sangat dikuatirkan karena pada tahun depan Afsel akan menjadi tuan rumah Piala Dunia. Para wartawan akan sangat memerlukan internet untuk mengirim dan melaporkan berita tentang ajang sepakbola bergengsi dunia tersebut.

Burung dara yang dipakai adalah Winstin yang berusia 11 bulan. Perbandingan kecepatannya sangat dirasakan. Winston memerlukan waktu 2 jam, 6 mneit dan 57 detik untuk mengantarkan sebuah data dari TI Tanpa Batas sampai dekat Pietermaritzburg. Bila memakai saluran Telkom hanya dapat terkirim sebanyak 4 persen dalam waktu itu.

Pemerintah harus mencari cara untuk menanggulangi hambatan ini, karena internet sekarang adalah kebutuhan yang sangat penting demi kelancaran komunikasi dan pertukaran informasi.

Sumber : kompas.com/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami