Menyusul Rokok, Iklan Alkohol Dilarang

Nasional / 10 September 2009

Kalangan Sendiri

Menyusul Rokok, Iklan Alkohol Dilarang

Lestari99 Official Writer
3615

Alkohol saat ini telah menjadi penyebab utama kematian dan kecacatan di negara maju setelah rokok dan tekanan darah tinggi. Alkohol juga menjadi obat yang paling digemari di Inggris. Namun pengaruh buruknya terhadap kesehatan pun meningkat dengan tajam.

Menghadapi hal ini, para dokter di Inggris mendesak pelarangan menyeluruh atas iklan alkohol untuk mengatasi melonjaknya jumlah pengkonsumsi alkohol dan masalah yang ditimbulkannya.

Industri alkohol sendiri setiap tahunnya menghabiskan 1,3 milyar dolar untuk meningkatkan angka penjualannya. Bahkan industri ini menjadi sumber kedua terbesar sponsor olahraga dengan kontraknya yang tidak tanggung-tanggung sampai jutaan dolar.

Asosiasi Media Inggris (BMA) menginginkan pelarangan menyeluruh atas iklan alkohol baik dalam pensponsoran peristiwa olahraga maupun acara musik. Karena ditemukan bukan hanya anak muda Inggris yang minum secara tidak bertanggungjawab, tapi menyeluruh kepada setiap kalangan.

Permintaan pelarangan ini kemungkinan besar akan memicu perdebatan sama seperti ketika pembatasan iklan rokok diterapkan. Namun memang harus diambil tindakan yang tegas dan nyata untuk meningkatkan taraf kesehatan segenap anggota masyarakat. Semoga saja pelarangan ini bisa direalisasikan segera.

Sumber : bbc / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami