Obama: Facebook Dapat Menentukan Masa Depan Anda

Nasional / 9 September 2009

Kalangan Sendiri

Obama: Facebook Dapat Menentukan Masa Depan Anda

Lestari99 Official Writer
3080

Bagi Anda para pengguna facebook, sebaiknya Anda selalu memperhatikan postingan pribadi Anda karena segala hal itu dapat mempengaruhi masa depan Anda nantinya. Hal inilah yang dikatakan Presiden Barack Obama kepada para pelajar remaja Amerika Serikat yang baru berusia 15 tahunan.

Pasalnya, banyak perusahaan yang saat ini menjadikan facebook sebagai sarana mencari informasi valid mengenai calon karyawan mereka. Dan bila ada upload-an berupa foto seronok, update-an status yang menunjukkan perilaku mabuk-mabukkan atau menggunakan obat terlarang, bahkan sampai kegemaran bergunjing, maka perusahaan tersebut dapat menolak lamaran dari calon karyawan yang bersangkutan.

Hal ini terungkap dari hasil riset yang dilakukan oleh careerbuilder, yaitu bahwa 45 persen perusahaan menyeleksi karyawannya berdasarkan informasi yang diperolehnya dari laman jejaring sosial. Karena facebook memiliki 250 juta pengguna di seluruh dunia, maka facebook telah menjadi pilihan informasi nomor wahid bagi perusahaan-perusahaan ini. Bahkan 35 persen perusahaan yang menyurvei karyawannya melalui facebook mengakui bahwa informasi dari facebook dapat membuat mereka menolak lamaran karyawan.

Jadi narsis boleh saja, tapi hindari hal-hal pribadi yang menunjukkan kebodohan Anda di masa lalu yang bisa-bisa menjadi bumerang bagi Anda nantinya ketika melamar pekerjaan.

Sumber : republika / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami