Tidak Punya Identitas

Psikologi / 9 September 2009

Kalangan Sendiri

Tidak Punya Identitas

agnes.faith Official Writer
2491

Citra diri yang buruk bisa berupa tidak punya identitas. Merasa minder terhadap diri sendiri dan melihat diri sendiri tidak baik. Kemudian melihat ada orang lain yang sukses atau banyak mendapatkan penerimaan dari orang lain. lalu berpikir "Kalau saya jadi orang itu maka sayaakan sukses dan banyak diterima orang," Maka seseorang pun memalsukan dirinya seperti orang yang dia anggap sukses tersebut.

Biasanya yang banyak ditiru yaitu para artis atau orang terkenal. Mereka meniru pakaiannya, tasnya, merek apa yang dipakai, model rambut dan kacamata, merubah warna rambutnya seperti orang terkenal atau bintang film. Tujuannya jelas, supaya diterima, supaya merasa percaya diri.

Begitu kuatnya rasa minder ini, sehingga banyak orang merubah dirinya. Mereka merubah tampak luar mereka dengan merubah penampilan mereka dan berani membayar mahal untuk aksesoris dan pakaian mahal.

Hal-hal seperti itu tidak akan dilakukan oleh mereka yang memiliki citra diri yang baik. Tidak akan dilakukan oleh mereka yang memiliki prestasi dibidang lain seperti akademik, talenta kuat atau ptrestasi lainnya. Tanpa mereka merubah penampilan luar mereka sudah bisa berprestasi dan diterima.

Sumber : Self Image - DR. Ir. Fu Xie & Ir. Jarot Wijanarko
Halaman :
1

Ikuti Kami