Kerugian Gempa Bumi Jabar Rp1 Triliun

Nasional / 7 September 2009

Kalangan Sendiri

Kerugian Gempa Bumi Jabar Rp1 Triliun

Tammy Official Writer
2491
Gempa bumi berkekuatan 7,3 Skala Richter (SR) di Jawa Barat mengakibatkan kerugian mencapai Rp1 triliun, kata Kepala Bapeda Jabar H Deni Juanda di Bandung, hari ini.

"Kerugian sementara tidak kurang dari Rp1 triliun, kemungkinan masih bertambah," katanya. Kerugian sebesar itu berdasarkan penghitungan kerusakan material dan non material yang dilakukan saat pendataan korban gempa bumi di Yogyakarta.

Kerugian terbesar di kawasan Tasikmalaya dan Kabupaten Bandung di mana jumlah bangunan dan infrastruktur yang rusak cukup banyak. "Kondisi kerusakannya bervariasi yakni rusak berat, sedang dan ringan. Pendataan masih terus dilakukan, disamping fokus melakukan tanggap darurat," katanya.

Sementara itu pencairan dana tak terduga Provinsi Jabar senilai Rp8,75 juta hingga kini masih menunggu hasil pendataan di lapangan dan masih dalam proses perlengkapan administrasi pencairan. Ia menyebutkan dana tak terduga Jawa Barat senilai Rp90 miliar, sudah terpakai senilai Rp2,5 miliar untuk mendukung anggaran Pemilu 2009 lalu sehingga tersisa Rp87,5 miliar lagi.

Sementara itu beras cadangan pemerintah (CBP) sebesar 1400 ton, namun saat ini baru terpakai sekitar 212 ton yang disebarkan ke lokasi bencana di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Garut, Cianjur, Bandung dan Bandung Barat.

Sumber : antara.co.id
Halaman :
1

Ikuti Kami