Robot Pengganti Manusia

Nasional / 6 September 2009

Kalangan Sendiri

Robot Pengganti Manusia

agnes.faith Official Writer
2371

Perkembangan teknologi membuat manusia menjadi lebih ingin berinovasi untuk mengembangkan segala sesuatu. Robot adalah salah satu alternative yang digunakan masyarakat Jepang untuk menggantikan tugas-tugas mereka.

Gagasan ini terbentuk karena sudah semakin berkurangnya jumlah populasi di Jepang. Kalaupun ada, sebagian besar adalah mereka yang sudah lanjut usia. Namun pemerintah Jepang menyarankan untuk memiliki banyak anak sebagai kelanjutan generasi mereka. Bahkan pemerintah tidak segan-segan menaikkan tunjangan anak-anak menjadi 25.000 Yen atau sama seperti Rp. 2,7 juta.

Robot sudah sangat banyak dipakai di Jepang. Mereka ditempatkan di bidang sosial ataupun medis. Di Tokyo ada sepasang robot yang dapat bernyanyi dan berbicara.  "Memang lebih baik berbincang dengan teman atau kerabat, namun robot juga bukan pilihan yang buruk," ujar Sadahiro pemilik toko tersebut.

Robot-robot tersebut telah dikembangkan para peneliti di Pusat Pengembangan Biologi di Tokyo, bekerja sama dengan Industri Karet Tokai Jepang. "Sebagai salah satu strategi pendukung pengembangan teknologi robot yang dipergunakan untuk alat bantu, keberhasilan Riba dipandang bisa mengatasi masalah populasi yang semakin menurun." Demikian pernyataan resmi yang dikeluarkan pihak Riken. 

Sumber : kompas.com/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami