Sukses Berinvestasi Bersama Tuhan

Investment / 6 September 2009

Kalangan Sendiri

Sukses Berinvestasi Bersama Tuhan

Budhi Marpaung Official Writer
2563

Bagi banyak orang, rintangan terbesar untuk menjadi seorang investor yang sukses adalah pola pikiran yang menganggap bahwa investasi terlalu sulit untuk ditangani bagi mereka. Pola pikir seperti ini mau tidak mau harus diubahkan karena hal ini akan menghambat Anda untuk melangkah dalam kepastian investasi yang Tuhan sudah bukakan dalam kehidupan Anda.

Tuhan mengharapkan masing-masing dari kita untuk setia melakukan yang terbaik yang kita bisa bagi kemuliaan nama-Nya dan Dia telah berjanji untuk menyediakan setiap kebutuhan kita, tidak tergantung dengan pilihan menanamkan investasi secara penuh atau hanya sebagian saja (matius 6:25-33).

Namun, seringkali sadar atau tidak, Anda terjebak ketika sedang berinvestasi. Perencanaan investasi yang harusnya seimbang dan tidak terlalu berorientasi kepada diri sendiri. Setidaknya ada dua hal yang Tuhan ingatkan agar Anda dapat menyeimbangkan perencanaan investasi yang Anda buat:  

1. Tetaplah miliki roh yang murah hati. Ketika seseorang diperhadapkan dalam dunia investasi/bisnis yang selalu diperhitungan olehnya adalah untung dan rugi. Hal ini menjadi bahaya karena prinsip ini akan merusak kebiasaan baik yang Tuhan sebenarnya sudah ajarkan sebelum kitaberinvestasi, yakni bermurah hati. Anda harus percaya bahwa Tuhan adalah Allah yang Maha Tahu dan Ia tidak pernah berhutang kepada siapa pun di alam semesta. Jadi, ketika Ia meminta Anda untuk berbuat baik kepada orang lain, perbuatlah itu. Ingatlah, bahwa rancangan Tuhan itu lebih tinggi dari rancangan Anda yang adalah seorang manusia (Yesaya 55:9).

2. Pusatkan apa yang sebenarnya penting. Hal ini sangatlah jelas dan tidak dapat ditolerir dalam setiap kegiatan ekonomi Anda baik dalam kehidupan sehari-hari maupun investasi, yakni dahulukan mana yang terpenting untuk Anda bayarkan. Mulailah merencanakan hal-hal yang sifatnya jangka panjang sambil juga pemenuhan kebutuhan Anda juga dilakukan. Apabila Anda kesulitan dalam penjabaran perencanaan keuangan Anda secara panjang lebar, buatlah perencanaan sesederhana tetapi di dalamnya untuk anggaran investasi menjadi sesuatu yang harus dilakukan, bukan sisa.

Seperti kebanyakan hal dalam hidup, rencana investasi Anda memerlukan keseimbangan yang harus efektif. Jika terlalu longgar, Anda tidak akan pernah mencapai tujuan Anda. Tapi kalau terlalu ketat, Anda dapat melewatkan dorongan Roh Kudus, atau mengorbankan hal-hal dalam hidup yang pada akhirnya terbukti paling penting. Jika Anda seperti saya dan bersandar kepada "terlalu ketat" sisi dengan rencana Anda.

Mempunyai rencana investasi sangat penting untuk memenuhi jangka panjang tujuan keuangan. Tapi Anda perlu untuk memungkinkan beberapa fleksibilitas dalam rencana investasi. Terkadang Tuhan membantu Anda mencapai tujuan Anda dengan menggunakan jalan yang berbeda daripada yang Anda akan alami pilih. Itu mungkin karena Dia tidak tertarik pada diri mereka sendiri sebagai tujuan perjalanan yang  ambil untuk sampai di sana. Jika Anda percaya kepada Allah dan mencoba untuk mengikuti-Nya, janganlah khawatir karena Dia akan menyediakan segalanya indah dan tepat pada waktunya bagi investasi yang sedang Anda jalani saat ini.

Sumber : crown.org/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami