Cara Mudah Hemat Listrik

Investment / 6 September 2009

Kalangan Sendiri

Cara Mudah Hemat Listrik

Puji Astuti Official Writer
2840

Anda mungkin seperti kebanyakan orang yang dipusingkan dengan membengkaknya biaya listrik Anda tiap bulan. Selain melakukan penghematan, Anda juga bisa berkontribusi dalam mengurangi dampak pemanasan global dengan melakukan beberapa tips berikut ini:

Pertama adalah  pendingin ruangan, gunakan yang menggunakan daya rendah. Gunakan hanya ketika ada orang di ruangan tersebut, dan jika sudah dingin matikanlah AC.

Kedua, penggunaan air. Dengan menggunakan air secara bijaksana akan membuat Anda menghemat, karena sebagian besar daya listrik terserap di mesin air atau jet pump. Sebagai contoh, gunakan penampungan air, jadi mesin air tidak menyala terus menerus.

Ketiga, pikirkan untuk menggunakan sumber tenaga lain untuk memasok listrik Anda. Di Indonesia mungkin hal ini bukanlah hal yang murah, namun mungkin bisa menjadi pemikiran untuk dimasa depan dengan mengembangkan pembangkit listrik bersumber dari sinar matahari atau angin yang bisa di pasang di rumah-rumah.

Empat, gunakan hanya satu televisi. Dengan murahnya barang elektronik, tv, dvd, dan berbagai perangkat elektronik akan memenuhi tiap kamar di rumah Anda. Bisa saja satu tv di tiap kamar, hal itu adalah salah satu pemborosan energi. Gunakan satu tv yang di taruh di ruang keluarga, selain hemat dapat lebih membangun hubungan keluarga menjadi lebih erat.

Lima, matikan lampu saat Anda tidur, saat siang hari, dan saat sudah tidak digunakan lagi.

Ingatlah, bahwa saat ini PLN memberikan insentif bagi pelanggan yang dapat menghemat penggunaan listriknya dan memberi beban biaya tambahan bagi yang melebihi kuota. Dengan berhemat seperti ini, Anda bukan hanya membantu diri sendiri namun membantu pemerintah dalam melaksanakan program hemat energi.

Sumber : ehow.com
Halaman :
1

Ikuti Kami