Gen Penyebab Wanita Takut Laba-Laba

Serba-Serbi Sehat / 5 September 2009

Kalangan Sendiri

Gen Penyebab Wanita Takut Laba-Laba

Lestari99 Official Writer
3557

Wanita memang identik dengan rasa takunya terhadap binatang berbulu berkaki delapan ini, yaitu laba-laba. Sebagian besar wanita pasti akan lari terbirit-birit sambil berteriak histeris jika melihat hewan yang satu ini. Ternyata hal seperti ini secara ilmu pengetahuan terbukti wajar karena demikianlah wanita.

Penelitian di Universitas Amerika Serikat menemukan wanita mengasosiasikan makhluk berkaki delapan itu dengan rasa lebih takut dibandingkan dengan pria, yang kebanyakan bereaksi tidak perduli. Penelitian ini melibatkan sepuluh bayi perempuan dan sepuluh bayi laki-laki yang berusia 11 bulan. Psikolog Dr David Rakison dari Carnegie Mellon University di Pittsburgh memberikan gambar laba-laba dan melihat bagaimana mereka bereaksi.

Ada 2 gambar laba-laba yang ditunjukkan oleh Dr Rakison, seekor laba-laba di samping tokoh kartun yang gambarnya menakutkan dan laba-laba di sampingnya dengan wajah sumringah. Laporannya yang diterbitkan New Scientist menyatakan bahwa bayi perempuan menatap gambar laba-laba yang menyiratkan wajah bahagia lebih lama daripada takut. Namun, bayi laki-laki melihat kedua gambar itu dalam waktu yang sama. Dr Rakison menyimpulkan bahwa bayi perempuan bingung dengan gambar laba-laba yang lucu karena mereka mengharapkan melihat gambar laba-laba itu dengan wajah ketakutan.

Eksperimen ini menunjukkan bahwa perempuan pada usia 11 bulan - bukan laki-laki pada usia yang sama - mempelajari hubungan antara ekspresi wajah negatif dan ketakutan adalah pemicu yang relevan seperti halnya ular dan laba-laba. Dr Rakison menghubungkan perbedaan ini yang terlihat di zaman manusia pemburu-pengumpul, yang menunjukkan bahwa perempuan lebih berhati-hati terhadap hewan berbahaya untuk melindungi anak-anak mereka, sedangkan laki-laki lebih mempunyai perilaku beresiko untuk menjadi pemburu yang berhasil.

Jadi, bila Anda adalah seorang wanita dan Anda lari terbirit-birit ketika melihat laba-laba atau ular, jangan malu dulu. Karena begitulah Anda sebagai perempuan. Dan bagi Anda suami yang bingung dengan perilaku istri Anda yang ketakutan dengan makhluk mungil itu, sebaiknya Anda tidak lagi menganggapnya sebagai hal yang aneh dan kekanakan karena memang begitulah mereka adanya sebagai wanita.

Sumber : tempointeraktif
Halaman :
1

Ikuti Kami