Kecanduan Internet

Psikologi / 5 September 2009

Kalangan Sendiri

Kecanduan Internet

agnes.faith Official Writer
3544

American Psychiatric Association memang belum memasukkan adiksi terhadap internet sebagai bentuk kelainan jiwa. Tetapi ternyata hal ini adalah hal yang sangat berbahaya bagi jiwa dan juga fisik Anda.

Kecanduan terhadap internet yaitu termasuk kecanduan Anda bermain Facebook, twitter, eBay, sms bahkan semua game online dan aplikasi lainnya. Tentu saja dengan adanya kemajuan teknologi seperti sekarang, maka hal ini sangat banyak sekali terjadi.

Di Indonesia mungkin belum ada pusat rehabilitasi yang merawat orang yang kecandua internet, tetapi di Amerika tempat ini sudah ada. Tempat ini bernama ReSTART.

Dampak dari kecanduan internet juga tidak main-main. Mulai dari dipecat dari pekerjaan, perceraian, atau kecelakaan mobil akibat menyetir sambil menulis SMS atau chatting. Beberapa orang juga dilaporkan meninggal gara-gara mainvideo game selama beberapa hari nonstop. Akibat posisi duduk yang tak berubah-ubah, mereka mengalami penyumbatan pembuluh darah.

Sama seperti di pusat rehab narkoba, disini mereka juga akan mendapatkan terapi konseling. Dengan mengalihkan mereka pada kegiatan lain seperti berkebun atau olehraga, diharapkan mereka dapat sembuh dari penyakitnya itu.

Menurut Dr Kimberly Young dari Center for Internet Addiction Recovery, orang yang mulai kecanduan internet merasa internet sangat mengasyikkan. Mereka akan mencuri waktu untuk bermain internet, atau melarikan diri kepada internet bila terjadi hal-hal yang tidak menyenangkan pada mereka.

Sumber : sadur dari kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami