Pensiun..Haruskah Tidak Bekerja Lagi?

Investment / 2 September 2009

Kalangan Sendiri

Pensiun..Haruskah Tidak Bekerja Lagi?

Puji Astuti Official Writer
4484

Pensiun, apakah hal ini Alkitabiah? Alkitab membicarakan tentang uang sekitar 1.800 kali. Dari keseluruhan ayat tersebut, hanya ada satu ayat yang mengacu pada pensiun, Bilangan 8:25, "tetapi jika ia berumur lima puluh tahun haruslah ia dibebaskan dari pekerjaan itu, sehingga tak usah ia bekerja lebih lama lagi."

Ayat tersebut diatas merujuk pada orang Lewi yang melayani di bait suci. Di dalam Alkitab memang tidak dituliskan apa kegiatan mereka setelah pensiun, tetapi pastinya mereka tidak menjadi seorang imam lagi.

Apapun pekerjaan Anda, setelah Anda pensiun disarankan untuk tetap produktif dan berkarya bagi Tuhan. Dengan terus produktif di masa pengsiun Anda, hal tersebut menjaga kehidupan Anda juga.

Sebuah universitas melakukan sebuah penelitian pada 200 orang berusia 65 tahun alumni universitas tersebut. Satu setengah dari orang yang diteliti pensiun pada usia 65 tahun sedangkan sisanya terus bekerja dan melanjutkan karir mereka. Pada usia 75, mereka yang pensiun 6 dari 7 orang sudah meninggal dunia sedangkan 6 dari 7 orang mereka yang terus bekerja masih hidup.

Kesimpulannya, pria yang pensiun pada usia 65 tahun dan tidak lagi produktif memiliki resiko kematian meningkat hingga 500 sampai 600 persen.

Untuk itu, jika Anda sudah memasuki masa-masa pensiun beberapa hal ini harus Anda ingat:

1. Tuhan bermaksud agar kita produktif. Rencanakan sesuatu yang bisa Anda lakukan di usia senja Anda. Jika Anda seorang guru, mungkin Anda bisa memulai bisnis yang ingin Anda geluti. Ingatlah, lakukanlah sesuatu yang produktif, bisa saja itu kegiatan sosial ataupun melayani Tuhan dengan keahlian Anda.

2. Bijaksanalah. Menjadi tua bukanlah sebuah pilihan, sekalipun Anda ingin tetap muda Anda harus menghadapi bahwa penuaan terus berlanjut. Susunlah rencana, dan buatlah tabungan untuk masa depan Anda. Namun jika penghasilan Anda terlalu kecil, bahkan untuk mencukupi kebutuhan keseharian Anda, percayalah Tuhan sanggup memelihara Anda.

3. Tetap memiliki penghasilan. Ingatlah bahwa berapapun usia Anda, peluang untuk memiliki penghasilan sendiri tetap masih ada. Anda hanya perlu aktif dan kreatif untuk mencari peluang. Anda bisa mempelajari keahlian baru yang belum pernah Anda tahu sebelumnya. Jangan batasi diri Anda untuk belajar, karena Anda tidak pernah tahu peluang yang Tuhan sediakan bagi Anda.

Pensiun bukanlah akhir dari masa kerja bagi manusia. Anda hanya berhenti dari sebuah pekerjaan yang selama ini Anda tekuni, dan Anda siap untuk memulai sesuatu yang baru. Untuk itu, merencanakan masa tua Anda adalah sesuatu yang bijaksana.

Sumber : Panduan Lengkap Keuangan Bagi Pasangan Muda; Larry Burkett; Visi Pressindo
Halaman :
1

Ikuti Kami