Indonesia Waspadai Penyeludupan Dari Malaysia

Nasional / 31 August 2009

Kalangan Sendiri

Indonesia Waspadai Penyeludupan Dari Malaysia

Puji Astuti Official Writer
2583

Pejabat Bea dan Cukai Indonesia menganggap perlu mewaspadai adanya penyeludupan dari Malaysia yang kerap kali menggunakan orang Indonesia sebagai kurir.

"Analisis negara tetangga, kalau kita kuat mereka tidak senang dan Malaysia menyuruh WNI kita untuk menyeludupkan heroin," demikian ungkap Direktur Jendral Bea dan Cukai, Anwar Suprijadi seperti yang dikutip ANTARA News Minggu (30/8).

Dalam dua tahun terakhir ini penyeludupan narkoba meningkat secara signifikan. Tiga pintu utama yang digunakan adalah Bandara Internasional Polonia, Medan, Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Teluk Nibung, Sumut.

Selain penyeludupan narkoba, hal serius lain adalah penyeludupan pakaian bekas. Anwar menilai Malaysia tidak senang karena Indonesia cukup kuat dan berhasil melewati masa krisis ekonomi dengan baik, untuk itu mereka sengaja mengganggu dan melemahkan pihak Indonesia dengan berbagai cara.

Sentimen negatif terhadap Negara tetangga Malaysia akhir-akhir ini semakin kuat, bukan hanya dari kalangan masyarakat saja bahkan telah menyentuh kaum elite politik dan pemimpin termasuk dunia pendidikan. Baru-baru ini dikabarkan sebuah universitas tidak menerima lagi mahasiswa dari Negeri Jiran lagi.

Bagaimanapun Indonesia dan Malaysia merupakan satu rumpun dan bisa dikatakan memiliki pertalian hubungan yang cukup dekat, terutama berbagai sisi perbatasan negara yang bersinggungan dengan Malaysia. Berbagai perbedaan dan isu yang saat ini beredar diharap dapat disikapi dengan pikiran positif oleh masyarakat sehingga tidak menimbulkan sentimen negatif yang berakibat buruk.

Sumber : Antara/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami