Hidup Sehat Dari Dalam Secara Alami

Fit & Charming / 31 August 2009

Kalangan Sendiri

Hidup Sehat Dari Dalam Secara Alami

Puji Astuti Official Writer
5655

Jika ibu Anda dulu sewaktu kecil sering memaksa Anda makan wortel karena baik untuk mata Anda, maka dia adalah wanita yang pintar. Pada faktanya, banyak nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh di dapat dari makanan yang masuk kedalam tubuh. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut :

 

Kulit

Kulit adalah organ tubuh paling besar. Kulit selalu terus menerus memperbarui dirinya, untuk itu mereka membutuhkan asupan makanan yang dapat membantu mereka dalam memperbarui sel kulit mati.

Nutrisi yang dibutuhkan : Vitamin C

Vitamin ini meningkatkan oksigen ke kulit, membantu tubuh untuk memproduksi collagen, dan membantu penyembuhan luka di jaringan kulit. Selain itu vitamin C membantu mengatasi infeksi dan kanker kulit, begitu juga atas organ tubuh lainnya.

Apa yang harus dimakan : Pepaya, jeruk dan anggur. 

Dosis: Dosis yang direkomendasikan adalah 60 miligram per hari, sekalipun banyak vitamin C yang menawarkan dosis 1000 mg perhari, hal itu tidak membahayakan karena vitamin C ini tidak beracun dan akan terbuang jika tidak dapat diserap tubuh.  Efek sampingnya jika melebihi 2000 mg kemungkinan adalah diare dan juga kembung.

Jantung

Penyakit cardiovascular (penyakit di hati dan tekanan darah, termasuk serangan jantung dan stroke) menjadi penyebab kematian tersebesar di dunia saat ini. Hal ini bermula dari pola makan yang buruk, untuk itu memperbaiki pola makan akan mengurangi resiko Anda mengalami masalah ini.
Kandungan omega -3 akan mengurangi resiko Anda mengalami serangan jantung dengan mengurangi kandungan LDL (kolesterol yang buruk) dan tekanan darah, selain itu juga meningkatkan jumlah HDL (kolesterol yang baik) dalam tubuh Anda.

Yang harus dimakan: Salmon, makarel atau sardene

Tulang

Ketika Anda memikirkan kesehatan tulang, mungkin yang terlintas adalah kalsium. Tetapi ada mineral lain yang diperlukan selain kalsium, yaitu phospat, vitamin A, C dan D, selain itu juga mineral boron juga penting untuk menjaga tulang Anda sehat dan kuat.

Nutrisi : Boron

Bertahun-tahun lalu banyak orang berpikir mineral ini tidak diperlukan . Namun beberapa penyelidikan telah menemukan betapa pentingnya mineral ini untuk meningkatkan kandungan kalsium dan hormone yang berfungsi dalam metabolisme tulang. 

Sumber makanan: Brokoli, anggur, buah pir, apel, dan kacang. Selain itu juga ada di keju, sardine dan ikan salmon.

Dosis: Anda tidak boleh mengkonsumsi lebih dari 45 mg per harinya.

Sendi

Radang sendi adalah penyakit yang umum saat ini, bahkan bukan hanya menjangkiti mereka yang lanjut usia, tapi banyak anak muda yang mengalaminya. Kabar baiknya ada cara mudah untuk memperkuat sendi Anda.

Nutrisi: Tembaga

Tembaga ada mineral yang terlibat di banyak fungsi tubuh kita. Hal ini terutama penting bagi berfungsinya enzim yang bertanggung jawab untuk memperkuat tulang dan sendi.

Apa yang harus dimakan: Hati sapi (tiga ons mengandung 3.8 mg tembaga, dan itu sudah cukup), tiram (mengandung 4.1 mg pertakaran), dan juga kacang serta biji-bijian.
Dosis: 1.5 sampai 3 mg per hari. Kelebihan asupan tembaga dapat mengganggu penyerapan zinc.

Organ reproduksi

Bagi para pria hal ini mungkin yang paling penting lebih dari yang lain. Hidup sehat akan mempengaruhi kesehatan organ reproduksi Anda, jadi jangan disepelekan.

Nutrisi : Zinc

Hormon metabolisme pria, produksi sperma dan tingkat kesuburannya sangat berhubungan dengan zinc.

Makanan pentingnya: Kerang, daging sapi, ayam dan domba.
Dosis : 15-19 mg per hari. Zinc menjadi racun jika Anda mengkonsumsi lebih dari 500 mg per hari.

Mata

Jangan kuatir bagi Anda yang bukan penggemar wortel, ada banyak makanan lain yang bisa mensuplai vitamin yang di butuhkan mata. Sayangnya, ibu Anda tidak pernah memberitahu tentang hal ini.

Tubuh mengubah beta-carotene menjadi Vitamin A, yang berfungsi juga sebagai antioxidant membantu mengatasi kanker yang bisa membahayakan mata. Hal ini juga bisa membantu mengatasi katarak dan penurunan fungsi macula lutea (bintik pada retina yang membuat Anda bisa melihat dengan jelas).

Makanan yang perlu Anda konsumsi : Wortel, ubi jalar, brokoli, dan sayuran berdaun hijau.

Dosis: Anda bisa mengkonsumsi vitamin A 5.000 IU (International Unit), sekitar 10.000-15.000 IU masih bisa diterima tubuh. Masalah yang mungkin timbul karena terlalu banyak mengkonsumsi beta-carotee adalah warna kuning yang akan ditampakkan pada kulit walaupun hanya sementara waktu. Namun jika Anda mengkonsumsi vitamin A sintetis, hal tersebut bisa menjadi racun bagi tubuh Anda. Jadi usahakan konsumsi yang alami.

Sumber : Askmen.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami