Rumah Impian, Bangun Sendiri Atau Beli?

Investment / 31 August 2009

Kalangan Sendiri

Rumah Impian, Bangun Sendiri Atau Beli?

Puji Astuti Official Writer
4218
Hidup Anda telah mapan, baik secara karir maupun kehidupan pribadi Anda. Dan saat ini ada satu impian lagi yang ingin Anda wujudkan, sebuah rumah. Keinginan Anda memiliki rumah Anda sendiri memperhadapkan Anda pada dua pilihan, membelinya atau membangunnya. Baik membeli yang langsung jadi ataupun membangunnya sendiri ada hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan dengan baik.

Membeli

Membeli rumah adalah pilihan mudah, Anda tinggal datang ke kantor real estate, memilih rumah yang sesuai dengan impian Anda dan juga sesuai dengan buget Anda, lalu lakukan transaksi. Jika Anda hidup di dunia yang sempurna, hal ini adalah sesuatu yang normal. Namun Anda tidak, untuk itu ada yang harus Anda pertimbangkan.

Kelebihan

Dua kelebihan utama membeli rumah yang langsung jadi adalah Anda bisa langsung masuk rumah tersebut dalam waktu 30 - 45 hari setelah pembelian. Selain itu, jika Anda membeli rumah dalam sebuah komplek tertentu, Anda juga akan langsung memiliki tetangga dan siap masuk dalam sebuah komunitas baru.

Keuntungan kedua, secara financial Anda bisa memperkirakan dengan pasti nilai rumah tersebut dan uang yang harus Anda keluarkan. Jika Anda membeli rumah dari orang lain, Anda bisa lakukan tawar menawar berdasarkan kondisi bangunan yang memungkinkan Anda mendapatkan harga yang sesuai.

Kekurangan

Membeli rumah yang telah jadi artinya tidak akan seperti yang ada dalam bayangan Anda. Anda mungkin bisa melakukan desain ulang, tapi artinya Anda merombak kembali. Jadi Anda harus menerima keadaan yang ada dan memikirkan bagaimana Anda akan menangani hal-hal yang Anda tidak sukai dari rumah itu.

Membangun

Jika Anda memutuskan untuk membangun sendiri, jangan terlalu takut. Membangun sebuah rumah tidaklah sesulit yang Anda bayangkan, tentunya dengan banyaknya developer yang menawarkan berbagai pilihan untuk Anda. Membangun rumah Anda sendiri memberi Anda pilihan bagi Anda akan seperti apa nanti jadinya rumah impian tersebut. Tapi walaupun dengan bantuan developer, ada beberapa hal yang perlu dicermati.

Kelebihan

Ketika Anda membangun rumah Anda sendiri, Anda memiliki kuasa untuk memilih dari lantai hingga genteng seperti apa yang Anda inginkan. Selain itu material bangunan juga bisa Anda sesuaikan dengan kualitas terbaik yang menjamin kekuatan dan keamanan bangunan.

Kekurangan

Jika Anda bertanya pada mereka yang pernah membangun rumah, cerita horror mereka adalah bagaimana pembangunan itu lebih lama dari yang dijadwalkan dan juga meledaknya buget mereka. Kadang penundaan karena cuaca, atau karena material yang tidak tercukupi bisa membuat waktu pembangunan menjadi lebih lama, dan jika Anda memperkerjakan tukang dengan upah harian artinya biayanya akan membengkak.

Jika Anda siap untuk membangun sendiri rumah Anda, perhitungkan dengan matang buget yang Anda siapkan. Jangan sampai Anda terlilit hutang karena membengkaknya pengeluaran yang tidak pernah Anda perhitungkan sebelumnya. Bicarakan baik-baik dengan kontraktor Anda, bangunan seperti apa yang inginkan dan buat perincian biaya yang dibutuhkan.

Dapatkan rumah impian Anda

Memutuskan untuk membeli atau membangunnya sendiri bukanlah pilihan mudah, apa lagi jika ini adalah rumah pertama Anda. Namun, apapun pilihan Anda selalu pertimbangkan berdasarakan keadaan keuangan Anda, rencana jangka panjang, dan juga karir Anda.

Memiliki rumah adalah sesuatu yang menyenangkan, namun Anda perlu pikirkan biaya-biaya lain yang menyertainya seperti pajak, biaya pemeliharaan, listrik, air, telephone dan lain-lainnya. Apapun pilihannya, semoga rumah impian Anda terwujud dengan segera.

Sumber : Askmen.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami