Sebuah Rencana Menuju Kebebasan

Sebuah Rencana Menuju Kebebasan

Puji Astuti Official Writer
1995

Istilah anggaran, seringkali menjadi momok yang mengerikan bagi banyak orang karena sulit sekali hidup dalam anggaran yang telah ditetapkan. Namun sebuah kebenaran yang  harus diakui, siapapun yang hidup tanpa anggaran tidak dapat mengelola keuangannya dengan efesien, terutama untuk mereka yang menganggap tidak memerlukannya.

Lebih baik hidup dengan anggaran dan tahu kemana uang Anda pergi tiap bulannya, dari pada hidup tanpa tahu kemana uang Anda mengalir.

Sebuah anggaran berfungsi untuk mengukur pengeluaran Anda apakah sesuai dengan yang Anda rencakan. Membuat anggaran bukan sekedar mencatat pengeluaran Anda. Membuat anggaran berarti duduk dan melihat situasi keuangan Anda saat ini, dan melihat kearah mana Anda akan pergi.

Salah satu tujuan anggaran adalah mengendalikan pengeluaran lain-lain dan mengevaluasi biaya apa yang terlalu besar. Seberapa besar pun penghasilan yang Anda miliki tidak akan mencukupi jika Anda tidak bisa mengendalikan pengeluaran.

Apakah anggaran itu?
Anggaran sebenarnya adalah rencana tahunan dibagi 12. Anggaran harus menguraikan semua pengeluaran, termasuk semua pengeluaran ‘tidak rutin' seperti pakaian, asuransi, dan pemeliharaan hingga hal-hal tersebut jatuh tempo, uangnya sudah disisihkan untuk pembayaran.

Sebagai contoh, Anda ingin membeli mobil baru dan sudah menyusun anggaran per bulan untuk membeli mobil tersebut. Yang Anda cicil termasuk cicilan,pemeliharaan, bahan baker, dan asuransi. Anda kini hanya memiliki kelebihan uang 1,5 juta tiap bulannya, jadi artinya Anda tidak bisa membeli mobil yang cicilannya lebih dari 750.000 rupiah per bulannya. Apa artinya ini? Artinya Anda belum bisa membeli mobil yang Anda inginkan.

Tapi hal ini adalah titik dimana Anda bisa menyatukan iman dan hal praktis seperti anggaran. Tuhan akan menyediakan mobil seperti yang Anda inginkan, bagian Anda saat ini adalah menabung uang Anda sampai uang yang Anda miliki cukup untuk membeli sebuah mobil secara tunai.

Karena hal ini, Anda belajar setia dengan perkara yang kecil sehingga pada waktunya Anda akan dipercayakan perkara yang besar oleh Tuhan dalam hidup Anda. (Lukas 16:10). Jadi dengan anggaran, bukan berarti membatasi diri Anda, namun membebaskan diri Anda dari kesulitan keuangan yang mungkin terjadi di depan nanti. Mari buat anggaran mulai hari ini.

Sumber : Panduan Lengkap Keuangan Bagi Pasangan Muda;Larry Burkett;Visi Pressindo
Halaman :
1

Ikuti Kami