Asupan Menyehatkan Untuk Mata

Gizi & Nutrisi / 29 August 2009

Kalangan Sendiri

Asupan Menyehatkan Untuk Mata

Budhi Marpaung Official Writer
4146

Mata adalah jendela hati manusia. Dengan mata, kita dapat melihat segala sesuatu ciptaan Tuhan yang indah, menarik, dan luar biasa. Namun, harus diakui mata layaknya bagian tubuh yang lain haruslah dijaga agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan kaitannya dengan kesehatan mata adalah dengan mengonsumsi atau memberikan asupan makanan yang bernutrisi sesuai dengan kebutuhan mata. Salah satu zat gizi penting yang memberi manfaat optimal  bagi kesehatan mata adalah antioksidan.

Pemenuhan zat antioksidan bagi tubuh Anda dapat Anda peroleh dari makanan yang mengandung vitamin C, E, A, dan juga mineral seperti selenium dan zinc yang fungsinya membantu penyerapan antioksidan.

Berikut penjabaran manfaat masing-masing vitamin dan mineral serta bagaimana mendapatkannya:

  • Vitamin A : Dapat diperoleh dari hati, telur, sayur wortel, dan bayam. Vitamin A ini merupakan vitamin penting dalam fungsi retina dan dapat mengurangi risiko terbentuknya katarak.
  • Vitamin C: Selain bermanfaat dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi, Vitamin C penting dalam menjaga kesehatan mata terutama dalam mengurangi risiko katarak dan degenerasi makular. Anda dapat memperoleh vitamin ini pada jeruk, stroberi, dan brokoli.
  • Vitamin E: Anda dapat menemukannya di dalam makanan jenis kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau. Vitamin E membantu memperlambat perkembangan dan mencegah terjadinya katarak.
  • Selenium dan zinc: Kedua komponen ini menjadi mineral utama dalam hal membantu proses oksidasi. Kecukupan mineral ini pada makanan sehari-hari juga membantu mata Anda terhindar dari penyakit mata. Untuk Selenium dapat ditemukan pada macaroni dan keju, sedangkan zinc dapat diperoleh dari keju, yogurt, daging merah, dan beberapa sereal yang diperkaya mineral zinc.

Mudah bukan untuk mencari makanan yang disebutkan diatas. Percayalah, ketika Anda mulai mengonsumsinya maka mata Anda akan menjadi lebih cerah dan tentunya juga sehat. Selamat berburu asupan yang cocok untuk mata Anda..

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami