Pusat Kehidupan

Kata Alkitab / 29 August 2009

Kalangan Sendiri

Pusat Kehidupan

Puji Astuti Official Writer
4917

Goncangan akan menimbulkan kepanikan, contohnya gempa bumi yang akhir-akhir ini sering terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Namun, goncangan kehidupan juga bisa membuat kita panik. Hal itu mungkin saja karir Anda, rumah tangga Anda, masalah keuangan, dan banyak sisi dalam hidup ini bisa di goncangkan. Saat Anda mengalami goncangan atau badai kehidupan Tuhan berkata, "Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku." (Mazmur 50:15). Ketika Anda mengalami masalah, Tuhan ingin Anda segera berlari pada-Nya.


Seringkali sebagai manusia, kita ingin menangani masalah kita dengan cara kita sendiri, dan jika semua cara sudah tidak berhasil, dan kita kehabisan akal, akhirnya kita datang kepada Tuhan.


"Sudah tidak ada yang bisa dilakukan lagi, mari berdoa."


Anda harus mengubah formula untuk penyelesaian masalah Anda, jadikan doa sebagai respon pertama ketika Anda mengalami masalah dan goncangan hidup. Datang pada Tuhan yang selalu bersama dengan Anda. Ini adalah sebuah pembuktian bahwa Anda menjadikan Tuhan pusat kehidupan Anda, ketika Anda melakukan segala sesuatu dimulai dari diri-Nya bukan dari diri Anda.


Bagaimana Anda bisa tahu bahwa Anda telah menjadikan Tuhan pusat kehidupan Anda?


Kekuatiran adalah sebuah alarm bahwa ada sesuatu yang lain yang telah menjadi pusat hidup Anda. Ketika Anda mulai kuatir dengan anak Anda, Anda menjadikan dia sebagai pusat kehidupan Anda. Ketika Anda mulai kuatir dengan masalah keuangan Anda, maka uang adalah pusat kehidupan Anda. Ketika Anda mulai kuatir apakah pasangan Anda setia atau tidak, maka pasangan Anda adalah pusat kehidupan Anda.


Ketika Tuhan menjadi pusat hidup Anda, maka Anda akan berhenti mengkuatirkan sesuatu. Anda berhenti kuatir karena Anda tahu bahwa Tuhan-lah yang memegang kendali atas segala sesuatu dalam hidup Anda. Ketika Tuhan masuk dalam area pernikahan Anda, maka kekuatiran dalam masalah hubungan Anda dengan pasangan dan anak-anak akan menyingkir. Ketika Tuhan masuk dalam area keuangan Anda, maka kekuatiran akan finansial akan menyingkir, Pertanyaannya adalah, apakah Tuhan yang menjadi pusat kehidupan Anda?


Karena kita orang percaya, bukan berarti kita kebal dari semua problem dan berbagai permasalah. Semua itu tetap ada dalam hidup kita, namun kita menjalaninya bersama Yesus. Seperti yang firman Tuhan tuliskan, "Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?" (Roma 8:31).


Mungkin Anda saat ini sedang mengalami goncongan kehidupan paling dasyat yang pernah Anda alami, bahkan hal itu menggoncangkan pondasi kehidupan Anda. Anda mungkin bertanya mengapa Tuhan mengijinkan hal ini terjadi, bukankah Anda mencintai Dia dengan segenap hati Anda? Seruan Anda mungkin seperti ini, "Tuhan saya butuh mukjizat, tolong saya!" Namun sepertinya tidak ada jawaban dari Sorga.


Reaksi alamiah manusia ketika terjebak dalam suatu kesulitan adalah, "keluarkan aku dengan segera dari masalah ini Tuhan!", "Saya butuh mukjizat sekarang Tuhan!" dan semua permintaan agar Anda lekas keluar dari masalah tersebut. Namun Tuhan terkadang memberikan jawaban yang berbeda untuk Anda dalam situasi seperti itu. Dia berkata, "Anakku, Aku tidak akan membawamu keluar dari masalah ini sesegera mungkin seperti harapanmu. Tidak ada tombol keluar otomatis dari hal ini ataupun sebuah solusi instan. Tapi inilah rencanaKu: Aku akan memegang tanganmu, aku akan berjalan bersamamu melewati masa-masa sulit ini. Aku akan bersamamu saat bumi bergoncang dan percayalah engkau aman bersama-Ku."


Billy Joel, seorang penyanyi dari California menghubungi anak perempuannya di New York pada ulang tahun keduapuluh putrinya itu, ia berkata, "Sayang, aku minta maaf untuk hal ini, aku tidak bisa bersamamu pada hari istimewa ini, tetapi aku mengirimkan sesuatu yang indah untukmu. Aku tak akan memberitahu apa itu, tetapi kadomu itu akan sampai pada siang ini. Jadi kamu tunggu ya.."


Siang hari itu putrinya mendengar bel rumahnya berbunyi. Ketika dia buka pintunya ada sebuah kotak kado yang sangat besar diletakkan di depan pintunya. Dia tidak bisa membayangkan apa isinya, tetapi ketika ia membuka kado itu dia menangis karenanya. Tahukah Anda, ketika ia membuka kado itu, Billy Joel melompat keluar memberikan kejutan untuk putri yang dikasihinya itu. Hadiah yang paling berharga bagi putrinya itu adalah kehadiran ayahnya.


Dengan cara yang sama, Tuhan juga memberikan dirinya sendiri melalui pengorbanan Yesus Kristus dikayu salib sebagai hadiah untuk Anda dan saya. Saya tidak tahu apa yang sedang Anda alami saat ini, tetapi Tuhan tahu. Dia bersama Anda saat ini, dan menggenggam tangan Anda dengan erat. Ketika Anda lelah dan tak berdaya, Dia menggendong Anda. Dia mengerti apa yang Anda rasakan, Dia menangis ketika Anda terluka dan patah hati, namun Dia juga akan menghibur Anda dan mengubah kehidupan Anda. Ingatlah, jadikanlah Tuhan pusat kehidupan Anda. Jadikan Dia hal pertama dalam hidup Anda, Ketika sesuatu terjadi, pastikan Tuhan adalah pribadi pertama yang Anda beritahu.

(Adaptasi dari: One Month To Live;Kerry & Chris Shook;Water Book)

Halaman :
1

Ikuti Kami