Sweet Bites Your Breast

Info Sehat / 27 August 2009

Kalangan Sendiri

Sweet Bites Your Breast

Tammy Official Writer
5001
Sweet Bites Your BreastTidak dapat dipungkiri, bahwa tubuh yang indah, merupakan daya tarik tersendiri bagi para wanita. Selain karakter yang menarik, dan wawasan yang luas, memiliki tubuh yang indah juga menjadi kebanggaan seorang wanita. Salah satu bagian tubuh yang paling dibanggakan oleh para wanita adalah payudara.

Namun, keindahan payudara Anda bisa saja terancam dengan penyakit kanker yang menakutkan. Kanker payudara merupakan penyakit yang sangat ditakuti oleh para wanita. Berdasarkan data, lebih dari 1 juta kasus kanker payudara ditemukan setiap tahunnya di dunia. Di Indonesia sendiri, kanker payudara merupakan jenis penyakit kanker terbanyak kedua (setelah kanker mulut rahim) yang ditemukan pada wanita. Penyebab pasti dari kanker payudara memang belum diketahui, namun ada beberapa faktor yang diyakini berkaitan erat dengan penyakit ini. Salah satunya, adalah kadar gula darah yang tinggi.

Makan Manis Rentan Kanker?
Hasil penelitian yang tercantum pada jurnal Diabetes Care menunjukkan bahwa para wanita yang memiliki kadar gula darah yang tinggi, meskipun mereka tidak menderita diabetes, memiliki tingkat risiko terkena kanker payudara yang lebih tinggi. Selain kanker payudara, jenis kanker lain yang banyak dialami oleh para wanita dengan kadar gula darah yang tinggi ini adalah kanker dinding rahim.

Namun, hasil penelitian yang didanai oleh World Cancer Research Fund ini menyatakan bahwa peningkatan tingkat risiko ini dapat dicegah apabila dilakukan langkah-langkah untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi tersebut. Hasil penelitian ini juga dikutip oleh American Diabetes Association untuk mendorong para wanita agar melaksanakan pola hidup sehat.

Sweet Bites Your BreastGanti Gula Anda!
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Italia menunjukkan adanya kaitan yang erat antara konsumsi makanan yang manis dan kanker payudara. Hasil penelitian yang tercantum pada jurnal Annals of Oncology ini menyatakan bahwa para wanita yang paling banyak mengkonsumsi makanan yang manis ternyata memiliki tingkat risiko terkena kanker payudara yang lebih tinggi.

Hal ini disebabkan karena makanan yang manis cenderung berkadar gula tinggi dan konsumsi makanan tersebut secara berlebihan dapat menyebabkan berkurangnya sensitivitas insulin (hormon yang berperan di dalam metabolisme glukosa). Berkurangnya sensitivitas insulin sendiri diketahui erat kaitannya dengan kanker payudara, seperti tercantum pada International Journal of Cancer. Konsumsi makanan yang manis juga berkaitan dengan lebih rendahnya tingkat konsumsi makanan-makanan lain yang lebih sehat, seperti buah-buahan dan sayuran.

Akhiri Manis dengan Manis
Memang kadar gula darah yang tinggi tidak selalu menyebabkan kanker dan bukan berarti kadar gula darah yang normal pasti dapat mencegah kanker. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tingkat risiko kanker dipengaruhi oleh banyak faktor, terutama faktor genetik dan gaya hidup. Menjaga kadar gula darah pada batas normal, tetaplah penting. Jangan lupa bahwa kadar gula darah yang tinggi erat kaitannya dengan penyakit diabetes dan komplikasi lainnya. Jika Anda suka manis, pilihlah sumber manis yang sehat, gunakan pemanis rendah kalori yang sudah terbukti aman. Jangan sampai manisnya gula, justru berakhir pahit bagi hidup Anda. Lindungi payudara Anda dari sekarang, dan pancarkan pesona kecantikan Anda seutuhnya.

Sumber : wrp-diet.com
Halaman :
1

Ikuti Kami